April 25, 2024

Erling Haaland, Penyihir Muda yang Selalu Kejutkan Dunia

Erling Haaland menjadi perbincangan di dunia sepak bola dalam beberapa bulan terakhir. Pemain berkebangsaan Norwegia tersebut menjadi topik pembicaraan media lantaran penampilan memukaunya di atas lapangan.

Sebagai seorang penyerang, Ketajamannya di depan mulut gawang lawan tak kalah hebat dari para pemain yang berusia jauh di atasnya. Tak heran, Haaland menjadi incaran beberapa klub raksasa dunia hingga saat ini. Penampilan gemilangnya membuat beberapa orang memprediksi dirinya bakal mendapat gelar Ballon d”Or suatu saat nanti.

Akrab Dengan Sepak Bola

Berita bola – Erling Braut Haaland, lahir di Leeds, Inggris, pada 21 Juli 2000. Ia merupakan putra dari seorang pesepak bola profesional Norwegia, Alf Inge Haaland. Erling Haaland lahir di Leeds karena sang ayah waktu itu sedang memperkuat salah satu klub Inggris, Leeds United.

Lahir dari keluarga pesepak bola membuat Erling Haaland begitu akrab dengan olahraga tersebut sejak dini. Ia bergabung dengan klub sepak bola lokal, Bryne FK, saat usianya baru menginjak 6 tahun.

Tidak seperti anak lain seusianya, Haaland kecil dinilai sebagai seorang pekerja keras. Ia tak segan melakukan apapun yang diminta pelatihnya, termasuk melakukan latihan di gym secara berkala. Berkat upaya kerasnya, Haaland berhasil menembus skuad utama di tim senior Bryne Football club di usia 15 tahun.

Memasuki tahun 2017, salah satu klub raksasa Liga Norwegia, Molde FK berhasil membajak Haaland dari Bryne. Semusim bersama Molde, Haaland tumbuh sebagai salah satu penyerang mematikan dengan torehan 14 gol dari 39 penampilan.

Bersinar Sejak Remaja

Penampilan gemilang Haaland bersama klubnya membuat pelatih Timnas Norwegia tertarik untuk mengikutsertakan sang pemain ke skuad U-20. Haaland pun menjadi bagian dari Timnas Norwegia U-20 pada gelaran Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

Pada ajang inilah nama Erling Haaland mulai mendapat perhatian dunia. Pasalnya, Ia berhasil mencatatkan rekor di ajang tersebut yang sangat sulit untuk dipatahkan oleh siapapun. Pada laga fase grup melawan Honduras U-20, Haaland mampu menggelontorkan 9 gol untuk membantu timnya menang telak 12-0.

Sontak nama pemain yang kala itu berusia 18 tahun tersebut menghiasi halaman utama berbagai media. Haaland menjadi pesepakbola profesional pertama yang mampu 9 kali membobol gawang lawan dalam sebuah pertandingan resmi FIFA.

Sayangnya, Haaland gagal membawa Timnas Norwegia U-20 lolos dari fase grup setelah hanya mampu finish di peringkat ke-3 Grup C.

Jadi Rebutan Klub Papan Atas

Bandarqq via pulsa – Melihat potensi besar dalam diri Haaland, klub raksasa Austria, RedBull Salzburg bergerak cepat untuk mendapatkan tanda tangan pemuda Norwegia tersebut. Salzburg berhasil memboyong Haaland dari Molde dengan mahar 8 juta euro.

Di awal kedatangannya, Haaland menghabiskan separuh musim 2018/2019 dengan hanya bermain 2 kali dan menyumbang sebiji gol. Di musim berikutnya, Haaland mendapat tempat di skuad Salzburg. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Haaland berhasil mengoleksi 16 gol dari 14 penampilannya di Liga Austria.

Sinar cemerlang Haaland berlanjut di ajang Liga Champions Eropa. Haaland mampu menorehkan 8 gol hanya dalam 6 pertandingan di fase grup.

Penampilan Haaland bersama Salzburg membuat beberapa klub tertarik untuk meminangnya. Tercatat, nama besar seperti Manchester United, Juventus, hingga Chelsea siap untuk membayar sejumlah uang untuk menebus Haaland.

Namun, Haaland justru membuat kejutan dengan memilih untuk bergabung bersama Borussia Dortmund pada bursa transfer Januari 2020. Dortmund berhasil memboyong Haaland dengan nilai transfer sebesar 20 juta euro.

Pilihan Haaland terbukti tepat. Hingga kini, Ia telah tampil dalam 4 laga bersama Dortmund di Bundesliga dan membubuhkan 7 gol.

Haaland menjadi idola baru di dunia sepak bola. Permainannya kerap menyihir siapapun yang melihatnya. Kejutan demi kejutan selalu Ia buat setiap saat untuk menghibur para penggemarnya. Tak heran, beberapa orang menyebutnya sebagai bintang yang siap bersinar terang suatu saat nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *