April 25, 2024

Liga Resmi Dihentikan, Federasi Sepak Bola Belgia Tetapkan Club Brugge Sebagai Juara

Federasi Sepak Bola Belgia baru-baru ini membuat keputusan kontroversial yang cukup banyak menyita perhatian publik. Mereka sepakat untuk memutus jadwal Jupiler Pro League atau Liga Belgia dan menghentikan jalannya kompetisi tersebut untuk musim 2019/2020. Mereka pun menetapkan Club Brugge sebagai juara liga musim ini meskipun masih cukup banyak pertandingan yang belum diselesaikan.

Keputusan tersebut sontak memunculkan berbagai pendapat yang beragam dari berbagai kalangan masyarakat. Meski begitu, para petinggi federasi tersebut menganggap keputusan tersebut sudah bulat dan tidak dapat diubah lagi.

Belum Sampai Tahap Akhir

Kumpulan bandarqq – Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung pada Rabu (2/4) kemarin, Para pengurus Jupiler Pro League Belgia membuat keputusan yang cukup mengejutkan. Mereka sepakat untuk menghentikan jalannya Liga Belgia musim ini. Club Brugge yang sedang memimpin klasemen hingga pekan ke-29 akhirnya ditetapkan sebagai juara Liga Belgia musim 2019/2020.

Padahal, kompetisi kasta tertinggi Belgia tersebut masih menyisakan satu pertandingan di babak reguler. Setelah babak reguler berakhir, Liga seharusnya dilanjutkan dengan babak play-off yang mempertemukan 6 tim teratas di papan klasemen. Keenam tim tersebut akan memperebutkan gelar juara serta tiket untuk berkompetisi di ajang Eropa musim depan.

Dewan Pro League Belgia menegaskan bahwa mereka mengambil langkah tersebut karena tak ingin dampaknya menjalar hingga ke musim berikutnya. Mereka tidak ingin jadwal bergulirnya Pro Leauge Belgia musim depan juga ikut tertunda. Selain itu, resiko kesehatan para pemain, staff, dan juga supporter juga menjadi pertimbangan mereka untuk menghentikan liga.

Menurut mereka, dengan situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, mustahil untuk menyelesaikan Liga sebelum datang musim panas. Hal tersebut membuat Pro League serta beberapa kompetisi lain di Belgia mau tak mau harus dihentikan bulan ini.

Meski telah disetujui oleh seluruh anggota pengurus liga, Federasi Sepak Bola Belgia baru akan meresmikannya pada pertengahan April mendatang. Mereka akan membuat pernyataan resmi pada 15 April 2020 bersamaan dengan digelarnya rapat umum dengan seluruh pengurus federasi.

Jadi yang Pertama

Berita Skor Bola – Dengan keputusan tersebut, Belgia tercatat sebagai negara eropa pertama yang menghentikan kompetisi profesional musim 2019/2020. Mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan liga sejak ditunda mulai bulan Maret kemarin.

Pandemi Covid-19 yang mulai menyerang kawasan eropa membuat sejumlah kompetisi sepak bola tertinggi di wilayah tersebut terpaksa ditunda. Kompetisi di negara Italia dan Inggris contohnya. Kompetisi kasta tertinggi di kedua negara yang terdampak Covid-19 tersebut harus ditunda hingga berbulan-bulan lamanya.

Serie A Italia ditunda sejak awal Maret hingga 3 Mei 2020. Liga Premiere Inggris ditunda sejak pertengahan Maret hingga bulan Juli mendatang. Meski begitu, federasi sepakbola Italia dan Inggris bersikeras akan tetap menuntaskan kompetisi musim ini jika situasi sudah mulai membaik.

Dianggap Terlalu Terburu-Buru

Agen Domino99 – Keputusan Dewan Pro League Belgia dalam menghentikan liga di negaranya mendapat kritik dari UEFA. Induk Federasi Sepak Bola Eropa tersebut menilai keputusan yang diambil oleh para pengurus Liga Belgia terlalu terburu-buru.

Presiden UEFA, Aleksandr Ceferin, mengatakan bahwa setiap pengurus liga harus mempertimbangkan semua aspek untuk memutuskan kelanjutan kompetisi musim ini. Ia juga menjelaskan bahwa federasi di setiap negara seharusnya mengusahakan semua kompetisi tetap berlanjut agar tidak merugikan salah satu pihak.

Pandemi Covid-19 yang dihadapi oleh negara-negara di dunia, terutama Eropa memang menjadi cobaan yang berat. Namun, Ceferin memprediksi bahwa situasi ini tidak akan bertahan lama. Ia yakin semua tatanan kehidupan, termasuk sepak bola akan kembali pulih dalam kurun waktu satu hingga dua bulan ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *