April 20, 2024

Profil Alessandro Nesta, Tolak AS Roma Demi Sang Ayah

Profil Alessandro Nesta merupakan salah satu pemain bek terbaik dunia pada saat masih aktif bermain sebagai pesepakbola profesional. Kemampuannya dalam menghalau lawan dan juga kecepatan yang dia miliki membuat dirinya kerap kali menyulitkan penyerang lawan.

Bersama Lazio dan AC Milan, Alessandro Nesta sudah mencatatkan sebanyak 400 pertandingan lebih di Serie A dalam kurun waktu 20 tahun. Selain itu dia juga masuk ke dalam daftar 100 pemain terbaik sepanjang masa oleh FIFA pada tahun 2004 lalu.

Awal Karir Alessandro Nesta

kumpulan bandarqq – Alessandro Nesta memulai karirnya dengan bergabung ke akademi Lazio dan sempat menolak tawaran dari AS Roma karena ayahnya pada tahun 1985 lalu. Disana dia mencoba banyak posisi mulai dari gelandang sampai ke penyerang tetapi pada akhirnya dia mengambil pilihan sebagai seorang bek.

Lalu di musim 1993-1994 dia masuk ke tim utama Lazio dan bermain selama 12 menit saat melawan Udinese saat itu. Tidak perlu lama bagi Alessandro Nesta untuk mengenakan ban kapten sebab di tahun 1997, Sven-Goran Eriksson memilihnya sebagai kapten tim.

Belum lama menggunakan ban kapten Alessandro Nesta mampu membawa Lazio menjuarai Coppa Italia di tahun 1998 atas AC Milan. Dan mereka juga berhasil menembus final Piala UEFA walaupun harus menelan kekalahan dari Inter Milan saat itu.

Dengan pencapaian tersebut, Alessandro Nesta pun meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik Serie A pada 1998. Namun di tahun tersebut dirinya tidak dapat memperkuat timnas Italia di Piala Dunia saat itu akibat mengalami cedera.

Tetapi setelah itu Alessandro Nesta kembali dari cederanya dan mempersembahkan dua trofi sekaligus bagi klubnya tersebut. Yaitu Supercoppa Italiana dan Piala UEFA Cup Winners untuk Lazio pada musim 1998-1999.

Pencapaiannya bersama Lazio berlanjut sampai tahun 2002 sebelum dirinya dijual ke AC Milan akibat kondisi keuangan klub yang memburuk. Total sudah sebanyak enam gelar juara dipersembahkan oleh Alessandro Nesta selama memperkuat Biancocelesti.

Awal Kejayaan Alessandro Nesta Bersama Il Rossoneri

Berita Skor Bola – Akibat buruknya keuangan klub Lazio saat itu, mereka terpaksa menjual Alessandro Nesta dengan biaya sekitar 30 juta euro di tahun 2002. Pada musim perdananya dia berhasil meraih tiga gelar sekaligus bersama AC Milan dan menjadi pilihan utama bagi Il Rossoneri di lini belakang saat itu.

Supercoppa Italiana, Liga Champions Eropa musim 2002-2003 dan Piala Super Eropa berhasil dibawa pulang ke San Siro. Maklum kalau Alessandro Nesta meraih gelar juara tersebut karena dia bermain dengan pemain tangguh lainnya seperti Paolo Maldini, Jaap Stam dan Cafu.

Bersama AC Milan tentu sudah banyak gelar juara yang diraih selama kurang lebih sepuluh tahun memperkuat klub tersebut. Total sudah sepuluh trofi diboyongnya ke San Siro sebelum memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepakbola pada tahun 2014 lalu.

Karirnya bersama timnas Italia juga bisa dibilang cukup sukses dengan berhasil meraih gelar juara Piala Dunia pada tahun 2006. Alessandro Nesta telah mencatatkan sebanyak 78 caps bersama Gli Azzurri dari tahun 1996 sampai 2006.

Setelah bersama AC Milan dan Lazio, Alessandro Nesta masih bermain untuk klub asal Kanada yaitu Montreal Impact. Kemudian setelahnya, dia didatangkan oleh Marco Materazzi ke klub asal India yaitu Chennaiyin FC pada 2014 lalu.

Saat ini Alessandro Nesta mulai menggeluti dunia kepelatihan seperti yang dilakukan banyak mantan pemain sepakbola lainnya yang pensiun. Saat ini mantan bek tangguh AC Milan tersebut sedang menangani klub divisi bawah Italia yaitu Frosinone sejak tahun 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *