October 28, 2020

Profil Chelsea, Klub dengan Gelar Piala FA Terbanyak ke-3

Profil Chelsea, Klub dengan Gelar Piala FA Terbanyak ke-3

Profil Chelsea – Sebagai kota terbesar sekaligus ibukota di Inggris, London menjadi pusat semua kegiatan di negara ini, termasuk sepakbola. Di kota ini, lahir sejumlah klub sepakbola, termasuk Chelsea. Chelsea adalah salah satu klub tersukses sepanjang sejarah Liga Inggris. Guna mengetahui lebih jauh tentang klub berjuluk The Blues ini, berikut adalah profil singkatnya.

Sejarah Berdirinya Klub

kumpulan bandarqq – Chelsea didirikan pada tanggal 10 Maret tahun 1905 atas kehendak dari Gus Mears yang kala itu mengakuisisi Stamford Bridge dan ingin menjadikannya sebagai stadion sepakbola. Mengingat nama Fulham sudah dipakai, maka klub yang didirikan Mears ini dinamakan Chelsea, sesuai dengan nama kota kecil yang berada tak jauh dari Stamford Bridge.

Selama era sebelum Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Chelsea belum meraih kesuksesan seperti sekarang. Hingga akhirnya, pada 1952, Ted Drake selaku manajer kala itu berhasil merombak tim menjadi tim yang kuat dan solid. Mereka kemudian memenangkan gelar Liga Inggris perdana mereka sekaligus gelar turnamen perdana mereka di musim 1954/1955.

Pada era 1970-an hingga 1980-an, krisis finansial sempat melanda klub. Hingga pada akhirnya, Roman Abramovich membeli klub dengan nilai 140 juta poundsterling. Di era ini, Abramovich mendatangkan pelatih José Mourinho. Mourinho akhirnya membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris untuk pertama kali pada musim 2004/2005 usai absen selama setengah abad.

Logo Klub

Situs BandarQ – Di awal pendiriannya, Chelsea memakai sebuah logo yang bergambarkan seorang tentara veteran yang menetap di Royal Hospital Chelsea. Logo kemudian diubah dengan inisial CFC pada musim 1952/1953. Setahun kemudian, maskot singa berwarna biru yang menghadap ke belakang dan memegang tongkat mulai diperkenalkan.

Maskot singa ini kemudian menjadi inspirasi logo klub di era sekarang. Pada tahun 1986 hingga 2005 logo Chelsea terlihat lebih simpel dengan gambar singa dan huruf CFC. Hingga pada akhir 2005, di ulang tahun ke-100 klub, logo ini diganti. Lingkaran menjadi simbol utama dengan singa biru yang berada di dalamnya.

Stadion Kandang

Sejak awal didirikan pada tahun 1905, hingga kini berusia lebih dari satu abad, Chelsea hanya mempunyai satu stadion kandang, yakni Stamford Bridge. Stadion ini dibuka pada tanggal 28 April 1877 dan lebih sering digunakan sebagai venue kejuaraan atletik. Setelah diakuisisi Gus Mears, stadion ini baru beralih fungsi menjadi sebuah stadion sepakbola.

Setelah 140 tahun lebih berdiri, Stamford Bridge telah melakukan berbagai proyek renovasi. Saat ini, stadion yang berlokasi di Fulham, London, Inggris ini memiliki kapasitas sekitar 41 ribu penonton. Pihak klub saat ini tengah merancang proyek renovasi lagi untuk menambah kapasitas penonton menjadi 63 ribu penonton, yang kabarnya akan selesai pada 2023 nanti.

Gelar dan Pencapaian

Berita Skor Bola – Klub berjuluk The Blues ini telah meraih sejumlah gelar juara selama lebih dari 100 tahun eksistensi klub. Gelar pertama Liga Primer Inggris mereka dapat di musim 1954/1955 yang menandai era awal kesuksesan Chelsea. Sejak saat itu, mereka sudah kumpulkan enam gelar juara EPL yang mayoritas didapat pada era 2000-an.

Meski bukan termasuk pengoleksi gelar Liga Inggris terbanyak, Chelsea justru menempati urutan tiga besar dalam urusan pengoleksi gelar terbanyak Piala FA. Sejauh ini, Chelsea telah mendapat total delapan gelar juara di ajang ini. Mereka juga telah mengumpulkan lima gelar Piala Liga, dan empat gelar Community Shield.

Selain sukses di negeri sendiri, Chelsea juga menjadi satu dari sekian tim asal Inggris yang pernah berjaya di kompetisi Liga Champions Eropa. Mereka pernah memenangkan gelar ini sebanyak satu kali, yakni pada musim 2011/2012 usai kalahkan Bayern München. Chelsea juga pernah menjuarai Europa League sebanyak dua kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *