August 12, 2020
Breaking News

Profil Cristiano Ronaldo, Pemain Segudang Prestasi di Level Klub Maupun Internasional

Profil Cristiano Ronaldo, Pemain Segudang Prestasi di Level Klub Maupun Internasional

Profil Cristiano Ronaldo – Kerap disejajarkan dengan Lionel Messi, bintang Juventus dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pesepakbola terhebat di planet bumi, saat ini. Usianya kini boleh sudah memasuki angka 35 tahun. Namun, dalam urusan produktifitas gol, ia masih tak mau kalah dengan sejumlah pemain yang berusia lebih muda.

Selama bertahun-tahun, Ronaldo, telah menjadi salah satu ikon dunia sepakbola. Tak hanya berprestasi di level klub, Ronaldo juga mampu berprestasi di level internasional bersama Portugal. Seperti apa perjalanan karir pria kelahiran Madeira tersebut? Mari kita simak dalam profil lengkap Cristiano Ronaldo berikut.

Masa Kecil

Kumpulan bandarqq – Pemain dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro ini lahir pada tanggal 5 Februari 1985 di São Pedro, Funchal yang masih berada di wilayah pulau Madeira, Portugal. Ronaldo adalah anak ke-4 dari empat bersaudara pasangan José Dinis Aveiro (ayah) dan Dolores dos Santos Viveiros da Aveiro (ibu).

Sebelum membina karir sebagai pemain Sporting CP, Ronaldo pernah bermain untuk salah satu klub amatir Portugal, Andorinha. Ia bermain di klub ini selama sekitar tiga tahun, dari tahun 1992 sampai 1995. Di usia 12 tahun, Ronaldo menjalani latihan selama tiga hari bersama Sporting CP dan kemudian promosi ke tim utama di usia 16 tahun.

Awal Karir Bersama Sporting CP

Ronaldo memulai karir profesionalnya bersama Sporting CP di usia 16 tahun dan bermain di sektor junior, serta beberapa kali mencicipi bermain di tim utama. Ia akhirnya benar-benar tampil di Primeira Liga Portugal pada 7 Oktorber 2002. Atas performa gemilangnya, Ronaldo kemudian dibawa ke Inggris oleh Manchester United dengan nilai transfer 12 juta poundsterling.

Cemerlang Bersama MU dan Real Madrid

Situs BandarQQ – Saat tiba di United pada musim 2003/2004, Ronaldo menjadi pemain Portugal pertama yang menginjakkan kaki di tim ini. Ia langsung diberikan nomor punggung 7 yang dulunya dikenakan sejumlah legenda Setan Merah seperti David Beckham dan Eric Cantona. Ronaldo memulai debutnya di Premier League melawan Bolton Wanderers.

Semakin lama, Ronaldo terlihat tampil semakin gemilang bersama United. Di penghujung karirnya, ia berhasil torehkan 118 gol dari 292 penampilan bersama Setan Merah. Ia juga berhasil antarkan MU juarai EPL sebanyak tiga kali dan juarai Liga Champions sekali. Ia kemudian pindah ke Real Madrid dengan status pemain termahal kala itu.

Berlabuh ke Madrid, Ronaldo kembali torehkan prestasi gemilang. Ronaldo memulai debut La Liga nya pada 29 Agustus 2009 menghadapi Deportivo La Coruña. Sejak saat itu, gol demi gol ia ciptakan untuk klub ibukota tersebut. Hampir sepuluh tahun membela Madrid, Ronaldo telah persembahkan sejumlah gelar bergengsi, termasuk  tiga gelar Liga Champions secara beruntun.

Sukses di Italia Bersama Juventus

Pada tahun 2018 lalu, Ronaldo memutuskan untuk pindah ke Serie A bersama Juventus. Ia kembali pecahkan rekor sebagai pemain berusia di atas 30 tahun termahal dunia. Ingin tantangan lebih, Ronaldo berhasil buktikan bahwa ia bisa berprestasi di Italia. Di akhir musim 2018/2019, Ronaldo menjadi pemain pertama yang juara di Inggris, Spanyol dan Italia usai meraih Scudetto bersama Juventus.

Karir Internasional dan Penghargaan

Berita Skor Bola – Seperti yang telah disebutkan, Cristiano Ronaldo bukan hanya sukses di level klub, tapi juga di level internasional bersama negaranya, Portugal. Sejak debutnya pada tahun 2003, Ronaldo telah torehkan 99 gol dari 164 penampilan. Ia juga telah meraih dua gelar bergengsi untuk Portugal, yakni UEFA Euro 2016 dan UEFA Nations League musim 2018/2019.

Selain penghargaan tim, Ronaldo juga memiliki sederet penghargaan individual. Prestasi terbaik tentunya penghargaan Ballon d’Or yang berhasil ia raih sebanyak lima kali. Ronaldo juga pernah mendapat gelar pemain pria terbaik versi FIFA sebanyak dua kali. Di samping itu, ia juga pernah mendapat penghargaan FIFA Puskás Award dan European Golden Shoe sebanyak empat kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *