January 23, 2021

Profil Diego Milito, Penentu Gelar Juara Liga Champions Eropa 2010

Diego Milito adalah pemain yang dikenal ketika dirinya berseragam salah satu klub asal Italia yaitu Inter Milan. Penyerang berkewarganegaraan Argentina tersebut adalah salah satu pemain yang akan diingat baik oleh klub maupun para pendukung Il Nerrazurri.

Bagaimana tidak, Diego Milito adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol saat final Liga Champions Eropa musim 2009-2010 lalu. Dengan begitu, Il Nerrazurri berhasil merengkuh gelar treble mereka yang saat itu ditangani oleh Jose Mourinho.

Karir Diego Milito Sebelum Bergabung Inter Milan

Kumpulan bandarqq – Penyerang kelahiran 12 Juni 1979 tersebut memulai karirnya di klub lokal Argentina, Racing Santander sejak 1999. Diego Milito memperkuat klub tersebut selama empat tahun dan berhasil meraih satu gelar juara Liga Argentina tahun 2001 silam.

Bersama Racing Santander dirinya mencetak sebanyak 34 gol dari 137 penampilan. Kemudian di tahun 2003 Genoa tertarik untuk membawa Diego Milito ke Italia dengan biaya sekitar delapan juta pounds saat itu.

Walaupun tampil apik dengan raihan 33 gol dari 59 pertandingan, Diego Milito hanya bertahan di klub tersebut selama dua tahun. Sebab Genoa harus degradasi ke Serie C1 setelah klub tersebut melakukan match fixing saat itu.

Kemudian pada tahun 2006, Diego Milito mengikuti jejak dari saudaranya yaitu Gabriel dan bergabung ke Real Zaragoza. Bersama klub tersebut, penyerang asal Argentina ini juga masih tampil impresif dengan raihan 53 gol dari 108 penampilannya di Spanyol.

Kemudian pada musim 2008-2009, dirinya kembali ke Genoa saat itu hanya selama satu musim saja. Sebab dirinya didatangkan oleh Inter Milan setelah Diego Milito berhasil menjadi runner-up topskor Serie A saat itu dengan catatan 24 golnya.

Saat itu Inter Milan memberikan Genoa biaya transfer sebesar 28 juta euro dengan bonus sekitar 10 juta euro. Bukan itu saja, Il Nerrazurri rela mengorbankan sejumlah pemainnya untuk membawa Diego Milito ke Giuseppe Meazza seperti Leonardo Bonucci dan empat pemain lainnya.

Sukses Meraih Treble Bersama Inter Milan di Liga Champions Eropa

Berita Skor Bola – Inter Milan yang saat itu ditangani oleh Jose Mourinho nampaknya memilih pilihan yang tepat untuk mendatangkan Diego Milito. Sebab dirinya berhasil menggantikan peran Zlatan Ibrahimovic yang merupakan topskor klub sebelumnya namun bergabung dengan Barcelona saat itu.

Sebab Diego Milito berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Inter Milan di musim 2009-2010 dengan raihan 30 gol. Hal itu merupakan catatan yang lebih baik dari Zlatan Ibrahimovic musim sebelumnya dengan torehan 29 gol.

Selain itu dia juga berhasil membawa Inter Milan bersama Samuel Eto’o yang mencetak 16 gol meraih treble musim 2009-2010. Raihan impresif tersebut membuat Il Nerrazurri menjadi satu-satunya klub Italia yang meraih tiga gelar tersebut sampai saat ini.

Tidak sampai di situ saja, Diego Milito juga membantu Inter Milan meraih Piala Dunia Antar Klub 2010. Selain itu penyerang asal Argentina tersebut juga berhasil meraih gelar juara Coppa Italia lagi musim 2010-2011 lalu.

Dengan raihan tersebut tentu Diego Milito berhasil meraih sejumlah gelar individu terutama di musim 2009-2010. Mantan penyerang Genoa tersebut menjadi penyerang dan pemain terbaik UEFA di musim tersebut setelah membawa Inter Milan meraih treblenya.

Diego Milito bersama Inter Milan sekitar lima tahun dan telah mencatatkan sebanyak 62 gol dari 128 pertandingan. Hingga pada akhirnya, dia memutuskan untuk kembali ke Argentina dan bergabung dengan Racing Santander lagi.

Penyerang asal Argentina tersebut juga memiliki julukan “El Principe” karena kemampuan fisiknya yang bagus. Julukan tersebut juga ternyata lekat kepada mantan pemain Uruguay yaitu Enzo Francescoli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *