August 12, 2020
Breaking News

Profil Emmanuel Adebayor, Legenda Timnas Togo

Profil Emmanuel Adebayor, Legenda Timnas Togo

Profil Emmanuel Adebayor dikenal saat dirinya sukses menjadi mesin gol Arsenal periode 2006-2009 lalu. Selain itu penyerang berkebangsaan Togo tersebut juga sempat memperkuat beberapa klub besar seperti Manchester City dan Real Madrid setelah memperkuat The Gunners.

Selain itu, mantan penyerang AS Monaco tersebut hingga saat ini menjadi pencetak gol dan pemain dengan pertandingan terbanyak bersama timnas Togo. Kini Emmanuel Adebayor masih aktif bermain di salah satu klub asal Paraguay, Olimpia.

Profil Emmanuel Adebayor Awal Karir Emmanuel Adebayor

situs bandarqq – Emmanuel Adebayor lahir di salah satu daerah bernama Lome di Togo dan bergabung dengan klub olahraga disana. Kemampuannya menarik minat dari pemandu bakat klub asal Prancis yaitu Metz.

Lalu di tahun 1999, dia dibawa ke Prancis dan menembus tim utama Metz di tahun 2001 ketika melawan Sochaux di Ligue 1. Namun sayangnya Emmanuel Adebayor harus terdegradasi pada musim 2001-2002 bersama Lorient saat itu.

Di Ligue 1 musim 2002-2003, Emmanuel Adebayor mampu mencatatkan sebanyak 14 gol bagi Metz. Kemudian di akhir musim, penyerang berkebangsaan Togo tersebut didatangkan oleh AS Monaco dengan biaya sebesar 3 juta euro.

Bersama AS Monaco, Emmanuel Adebayor berhasil mencetak delapan gol dan tampil reguler yaitu sebanyak 31 kali di Ligue 1. Dia pun berhasil membawa tim asuhan Didier Deschamps tersebut berada di posisi ketiga di klasemen akhir musim 2003-2004.

Emmanuel Adebayor memperkuat AS Monaco sekitar dua setengah musim sebelum akhirnya didatangkan oleh Arsenal. Penyerang berkebangsaan Togo tersebut total sudah mencatatkan 26 gol dan 7 assist dari 115 pertandingan untuk klub tersebut.

Mulai Dikenal Saat Gabung Arsenal

Di awal tahun 2006 lalu, Arsene Wenger mendatangkannya dengan biaya sekitar 10 juta euro dari AS Monaco. Tidak perlu waktu lama bagi Emmanuel Adebayor beradaptasi, terbukti dua musim setelahnya penyerang tersebut menjadi salah satu penyerang paling mematikan saat itu.

Lebih tepatnya adalah ketika musim 2007-2008, Emmanuel Adebayor berhasil mencatatkan sebanyak 24 gol di Liga Primer Inggris. Raihannya tersebut menyamai Fernando Torres sebagai pencetak gol terbanyak kedua setelah Cristiano Ronaldo.

Pada musim tersebut Emmanuel Adebayor juga menyabet penghargaan individu sebagai BBC African Player Of The Year 2007. Dan juga dinobatkan sebagai pemain terbaik benua Afrika pada tahun 2008 lalu.

Kemudian di tahun 2009, Emmanuel Adebayor didatangkan oleh Manchester City dengan biaya sebesar 29 juta euro. Namun penyerang tersebut hanya tampil maksimal hanya di musim perdananya bersama klub tersebut. Dengan raihan 14 gol dan lima assistnya bagi The Citizens saat itu.

Sebab sejak adanya Carlos Tevez dan Sergio Aguero, dirinya tidak mendapat tempat di tim utama Manchester City. Bahkan Emmanuel Adebayor sempat dipinjam oleh Real Madrid dan Tottenham.

Lalu pada tahun 2012 Tottenham mempermanenkan Emmanuel Adebayor dari Manchester City dengan biaya sekitar 6 juta euro. Bersama The Spurs juga performanya sudah menurun karena hanya mencatatkan 42 gol dan 23 assist dari 113 penampilan.

Bersama Timnas Togo

kumpulan bandarqq – Emmanuel Adebayor juga pernah membantu timnas Togo untuk tampil di Piala Dunia untuk yang pertama kali sepanjang sejarah. Yaitu pada edisi tahun 2006 lalu yang saat itu digelar di Jerman.

Namun sayangnya timnas Togo harus berada di dasar klasemen grup saat itu. Wajar sebab lawan yang berada di satu grup dengan mereka adalah tim kuat seperti Swiss, Korea Selatan dan Prancis.

Namun Emmanuel Adebayor masih menyandang sebagai pencetak gol terbanyak timnas Togo hingga sekarang dengan 32 golnya. Dan juga memiliki pertandingan terbanyak karena sudah tampil sebanyak 87 kali di kompetisi internasional bersama negaranya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *