January 23, 2021

Profil Erling Haaland, Wonderkid Pemikat Hati Klub Raksasa

Erling Haaland menjadi salah satu wonderkid paling berpotensi di dunia saat ini. Permainannya yang taktis selalu menyulitkan pemain bertahan lawan. Di usianya yang masih sangat muda, insting mencetak golnya benar-benar sudah teruji.

Sebagai seorang penyerang, ketajamannya di depan mulut gawang lawan tak kalah hebat dari para pemain yang berusia jauh di atasnya. Tak heran, Haaland menjadi incaran beberapa klub raksasa dunia hingga saat ini. Penampilan gemilangnya membuatnya digadang-gadang sebagai calon peraih penghargaan Ballon d’Or suatu saat nanti.

Erling Haaland Ulet Sejak Kecil

Kumpulan bandarqq – Pada 21 Juli 2000, di kota Leeds, Inggris, lahir seorang anak yang diberi nama Erling Braut Haaland. Ia merupakan putra dari mantan bintang sepak bola asal Norwegia, Alf Inge Haaland. Meski lahir di Leeds, Erling Haaland memiliki tercatat sebagai warga negara Norwegia karena kedua orangtuanya berasal dari negara tersebut.

Lahir dari keluarga pesepak bola membuat Erling Haaland sangat akrab dengan si kulit bundar. Ia belajar sepak bola bersama klub sepak bola di daerahnya, Bryne Footballklubb. Haaland bergabung ke klub tersebut saat usianya baru menginjak 6 tahun.

Haaland kecil dinilai sebagai seorang pekerja keras oleh sang pelatih. Ia selalu menuruti apapun yang diperintahkan pelatihnya, termasuk latihan di gym secara rutin. Berkat upaya kerasnya, Haaland berhasil menembus skuad utama di tim senior Bryne saat usianya 15 tahun.

Memasuki tahun 2017, Haaland direkrut oleh salah satu klub raksasa Liga Norwegia, Molde FK. Semusim bersama Molde, Haaland tumbuh sebagai salah satu penyerang mematikan dengan torehan 14 gol dari 39 penampilan.

Erling Haaland Kejutkan Dunia

Berita Skor Bola – Penampilan gemilang Haaland bersama klubnya membuat namanya dipanggil untuk memperkuat Timnas Norwegia U-20. Haaland menjadi bagian dari Timnas Norwegia U-20 pada gelaran Piala Dunia U-20 2019 silam.

Pada ajang inilah nama Erling Haaland mulai mencuri perhatian dunia. Di ajang tersebut, Haaland berhasil mencatatkan rekor yang sangat sulit untuk dipatahkan. Ia mampu menggelontorkan 9 gol dalam satu pertandingan pada laga fase grup melawan Honduras U-20. Di akhir pertandingan, Norwegia U-20 menang telak 12-0 atas lawannya tersebut.

Hal tersebut membuat namanya tertera pada halaman utama di berbagai media. Haaland menjadi pesepakbola profesional pertama yang mampu 9 kali membobol gawang lawan dalam sebuah pertandingan resmi FIFA. Hebatnya lagi, Ia mampu melakukannya di usianya yang masih 18 tahun.

Jadi Rebutan Klub Papan Atas

Agen Domino99 – Melihat potensi besar dalam diri Haaland, klub raksasa Austria, RedBull Salzburg bergerak cepat untuk mendapatkan tanda tangan pemuda Norwegia tersebut. Salzburg berhasil memboyong Haaland dari Molde dengan mahar 8 juta euro.

Haaland harus menunggu hingga musim kedua untuk dapat tampil di tim utama Salzburg. Namun, tak seperti kebanyakan pemain, Haaland tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan skuad inti Salzburg. Ia menjadi pilihan utama pelatih di lini depan dan berhasil mengoleksi 16 gol dari 14 penampilannya di Liga Austria.

Kariernya kian bersinar Haaland saat berlaga di Liga Champions Eropa. Haaland tampil luar biasa dengan torehan 8 gol hanya dalam 6 pertandingan di fase grup.

Penampilan cemerlang Haaland bersama Salzburg membuat beberapa klub tertarik untuk meminangnya. Tercatat, nama besar seperti Manchester United, Juventus, hingga Chelsea siap untuk membayar sejumlah uang untuk menebus Haaland.

Namun, Haaland justru membuat kejutan dengan memilih untuk bergabung bersama Borussia Dortmund pada Januari 2020. Dortmund berhasil memboyong Haaland dengan nilai transfer sebesar 20 juta euro dari Salzburg.

Pilihan Haaland terbukti tepat. Ia telah tampil dalam 11 laga bersama Dortmund di semua kompetisi musim ini dan membubuhkan 12 gol.

Saat ini, Haaland erat dikaitkan dengan raksasa Spanyol, Real Madrid yang menjadikannya target utama transfer musim panas nanti. Namun, Haaland mengaku masih nyaman berada di Dortmund dan akan tinggal di Signal Iduna Park hingga beberapa tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *