September 20, 2020

Profil FC Barcelona, Klub yang Menjadi Simbol Kebanggaan Warga Catalan

Profil FC Barcelona, Klub yang Menjadi Simbol Kebanggaan Warga Catalan

Profil FC Barcelona – Kompetisi La Liga Spanyol tak bisa dilepaskan dari sosok FC Barcelona. Klub ini adalah penguasa La Liga dalam empat edisi terakhir. Barca juga menjadi salah satu klub La Liga tersukses di kompetisi internasional. Guna mengetahui lebih banyak tentang klub yang berbasis di Catalan ini, berikut adalah profil singkatnya.

Sejarah Terbentuknya Klub

Situs BandarQQ – Atas prakarsa dari Hans Gamper atau yang biasa dikenal sebagai Joan Gamper , FC Barcelona terbentuk pada tanggal 29 November 1899. Walter Wild kala itu ditunjuk menjadi presiden pertama klub. Pada tahun 1908, Joan Gamper mengambil alih posisi presiden klub karena pada saat itu, Barcelona mengalami krisis di berbagai sektor di luar lapangan.

Sejak tahun 1917, para fans ikut mengelola klub ini. Hingga tahun 1922, Barcelona memiliki lebih dari 20 ribu anggota yang ikut membangun stadion baru mereka Masih di tahun 1917, Barcelona merekrut Jack Greenwell sebagai manajer pertama Barcelona. Di era kepemimpinan Joan Gamper, Barca berhasil memenangkan total 21 trofi dari berbagai ajang.

Logo Klub

Kumpulan bandarqq – Sebuah logo menjadi identitas sebuah klub raksasa seperti Barcelona. Di awal berdirinya klub pada tahun 1899, logo Barcelona terlihat jauh berbeda dari yang sekarang. Dulu, elemen lingkaran menjadi elemen utama logo klub. Di dalamnya ada beberapa gambar lain seperti simbol Kekaisaran Aragon, simbol kelelawar Raja James serta batang pohon Laurel dan Palem.

Pada tahun 1910, pihak klub melibatkan para anggota klub untuk mendesain ulang logo dan emblem klub. Carles Comamala yang merupakan salah satu pemain klub ini menjadi pemenangnya dengan desain logo seperti yang kita kenal sekarang. Logo inilah yang terus berevolusi hingga saat ini.

Dalam logo yang didesain oleh Commala ini, logo yang tadinya berbentuk lingkaran diubah menjadi berbentuk perisai. Di bagian atas terdapat simbol St. George Cross yang disandingkan dengan bendera Catalan di sebelahnya. Sementara di bagian tengah dan bawah, ada tulisan FCB serta gambar bola dengan latar belakang warna klub, merah-biru.

Stadion Kandang

Awalnya, Barcelona memainkan pertandingan mereka di sebuah stadion yang bernama Camp de la Indústria yang berkapasitas 6 ribu penonton. Pada 1922 para suporter ikut menggalang dana untuk menambah kapasitas stadion menjadi 20 ribu penonton. Kapasitas penonton stadion ini semakin bertambah hingga berada di angka 60 ribu penonton pada tahun 1950.

Berkat prestasi yang semakin bertambah, para penggemar Barcelona pun mengalami peningkatan secara signifikan. Karenanya, kub memiliki rencana untuk membangun stadion baru yang kita kenal sekarang sebagai Camp Nou. Memulai pembangunan pada 28 Maret 1954, stadion ini selesai dibangun pada 24 September 1957.

Dari awal selesai dibangun, hingga sekarang, Camp Nou telah mengalami beberapa kali renovasi. Pada 1992, guna menyambut gelaran Olimpiade Musim Panas, klub membangun tribun tambahan di bagian atas stadion. Hingga saat ini, kita mengenal Camp Nou sebagai stadion terbesar Eropa yang mampu menampung hingga 99 ribu penonton.

Gelar dan Pencapaian

Berita Skor Bola – Selama 120 tahun berdiri, Barcelona sudah torehkan berbagai prestasi, baik di level domestik maupun internasional. Di kompetisi Spanyol, Barca memegang rekor sebagai klub paling sukses dalam gelaran Copa del Rey dan Supercopa de España. Barca meraih masing-masing 30 dan 13 trofi dari dua ajang tersebut.

Sementara itu, di level internasional, Barcelona memegang lima gelar Liga Champions, lima kali juara UEFA Super Cup, serta tiga kali meraih gelar juara FIFA Club World Cup. Per tahun 2019 kemarin, Barca menduduki peringkat ke-2 UEFA, di bawah Real Madrid. Barca juga menjadi tim pengoleksi gelar Liga Champions terbanyak ke-5, sejajar dengan Bayern München.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *