April 24, 2024

Profil Josh Maja, Pemain Muda Nigeria yang Bersinar di Ligue 1

Profil Josh Maja – Penyerang muda Girondins de Bordeaux, Josh Maja kini menjadi sorotan dan incaran sejumlah klub papan atas Eropa. Seiring dengan pemberitaan yang terus mengalir, namanya pun kini kian populer. Seperti apa perjalanan karir pemain berusia 21 tahun tersebut? Berikut adalah profil lengkap Josh Maja.

Kehidupan Awal

Kumpulan bandarqq – Orang-orang mungkin mengenal Josh Maja sebagai pemain yang berkebangsaan Nigeria. Namun, pemain berusia 21 tahun ini sejatinya tak dilahirkan di negara yang terletak di Benua Afrika tersebut, melainkan di Inggris. Maja dilahirkan pada tanggal 27 Desember 1998 dari orangtua asal Nigeria di daerah Pimlico, London, Inggris.

Sebagai anak yang lahir di Inggris, Maja kecil mulai membina bakat sepakbolanya di dua klub asal London, Crystal Palace dan Fulham. Maja sejatinya mengawali karir juniornya bersama Fulham. Meski terdaftar sebagai skuad Fulham, Maja terkadang ikut memperkuat klub lain, yakni Manchester City

Kontrak Profesional Pertama di Sunderland

Situs BandarQQ – Cukup lama membela tim junior City, Josh Maja tak mendapat tawaran beasiswa untuk dapat menetap di tim ini. Akhirnya, pada bulan Maret 2015, ia pindah ke klub Inggris lain, Sunderland. Klub berjuluk The Black Cats ini memberikan penawaran beasiswa selama dua tahun kepada Maja yang langsung disetujui Fulham selaku pemilik sang pemain, kala itu.

Pada bulan Mei 2016, Maja menandatangani kontrak profesional pertamanya yang berdurasi tiga tahun. Debutnya untuk Sunderland terjadi pada pertandingan melawan Queens Park Rangers pada tanggal 21 September 2016. Ia tak pernah bermain lagi sejak saat itu. Namun, Maja tetap berada di bangku cadangan saat Sunderland bermain di musim itu.

Sekitar satu tahun setelah debutnya bersama Sunderland, Maja tampil untuk pertama kalinya di liga pada 16 Desember 2017. Dalam laga debutnya tersebut, manajer Sunderland, Chris Coleman memberikan pujian atas penampilan gemilangnya. Di pertengahan musim 2018/2019, Maja yang kontraknya akan habis memilih untuk tak memperpanjang kontrak dan memilih meninggalkan klub.

Bersinar di Bordeaux

Usai kontraknya berakhir bersama Sunderland, Maja memulai petualangan baru dengan berlabuh ke Prancis. Ia bergabung dengan salah satu klub peserta Ligue 1, Girondins de Bordeaux. Maja menandatangani kontrak berdurasi empat setengah tahun untuk klub ini pada tanggal 26 Januari 2019.

Berselang hampir satu bulan kemudian, Maja tampil perdana di Ligue 1, tepatnya pada tanggal 17 Februari 2019. Maja menandai debutnya untuk Bordeaux dengan kemenangan 2-1 atas Toulouse dalam laga bertajuk Derby de la Garonne. Saat itu, ia tak bermain penuh dan hanya bermain tak lebih dari 67 menit.

Gol pertamanya di kompetisi kasta tertinggi Prancis lahir pada tanggal 20 April 2019. Sayangnya, saat itu, timnya gagal memetik kemenangan atas Nîmes. Di laga ini pula Maja menderita cedera lutut kiri yang cukup serius. Cedera ini memaksanya absen selama sisa musim 2018/2019 setelah hanya tampil tujuh kali.

Bulan Desember 2019, tepatnya pada tanggal 3 Desember 2019, Maja kembali merumput dan langsung tampil gemilang. Dalam pertandingan melawan Nîmes, ia lesatkan hat-trick perdananya untuk Bordeaux. Ia juga menyumbang dua assist dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Les Girondins tersebut.

Karir Internasional

Berita Skor Bola – Tak banyak yang dapat dibahas mengenai karir internasional Josh Maja. Pasalnya, ia baru sekali memperkuat timnas Nigeria. Maja mendapat panggilan untuk pertama kalinya dari negaranya pada tanggal 10 September 2019. Kala itu, ia dipanggil oleh manajer Nigeria, Gernot Rohr.

Manajer asal Jerman tersebut sejatinya sudah mengatakan menginginkan Maja membela timnas sejak Agustus 2019. Namun, hal itu baru terwujud sebulan kemudian. Maja tampil perdana untuk Nigeria pada pertandingan persahabatan melawan Ukraina. Saat itu ia masuk sebagai pengganti Victor Osimhen di menit-menit tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *