April 16, 2024

Profil Lazio Satu-Satunya Tim Asal Roma Selain AS Roma

beritaskorbola, Profil Lazio salah satu kiblat sepakbola Eropa, Italia memiliki sejumlah klub berprestasi di dalamnya. Salah satu klub yang tengah naik daun adalah Lazio. Lazio hampir tak pernah absen ikut serta di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Italia. Sepanjang sejarah, tim ini telah memenangkan sejumlah gelar, baik domestik maupun internasional.

Profil Lazio Satu-Satunya Tim Asal Roma Selain AS Roma

Klub yang berbasis di ibukota Roma ini memiliki ciri khas seragam berwarna biru langit dengan perpaduan putih. Bukan hanya sepakbola, Lazio juga memiliki lebih dari 40 asosiasi olahraga lainnya. Jumlah ini menjadikannya sebagai klub dengan asosiasi olahraga terbanyak di seluruh dunia.

Sejarah Perkembangan Klub Profil Lazio

UNTUK BERMAIN BETTING BOLA DENGAN UANG ASLI KLIK >>>DISINI<<<

Bernama lengkap Società Podistica Lazio, klub ini ditemukan pada tanggal 9 Januari 1900 di Prati, sebuah distrik yang terletak di kawasan ibukota Italia, Roma. Klub ini bermain di level amatir hingga tahun 1910.

Hingga pada tahun 1912, mereka ikut serta dalam kompetisi liga. Pada tahun 1927, Lazio menjadi satu-satunya tim yang menentang penggabungan seluruh tim yang berbasis di Roma ke dalam kubu AS Roma.

Dua tahun usai berdiri sendiri dan tak digabungkan ke dalam kubu AS Roma, Lazio mengikuti kompetisi Serie A pada tahun 1929. Mereka mengakhiri musim di posisi ke-2 klasemen akhir dan menjadi peringkat tertinggi mereka di era sebelum Perang Dunia. Musim 1973/1974 menjadi musim pertama bagi Lazio memenangkan gelar Serie A.

Kesuksesan masih menghampiri Lazio di era tahun 2000-an. Mereka sukses menjuarai Coppa Italia pada tahun 1998 dan 2004. Pada tahun 1999, mereka juga berhasil memenangkan gelar UEFA Cup Winners’ Cup dan UEFA Super Cup. Sempat diterpa krisis finansial, Lazio kembali bangkit usai mayoritas sahamnya dibeli pengusaha asal Italia, Claudio Lotito.

Logo Klub Profil Lazio

Jika sang rival sekota memilih simbol serigala sebagai maskot dalam logonya, maka Lazio memilih simbol elang sebagai maskot utama dalam logonya. Logo ini dipilih oleh para pendiri klub, atas prakarsa Luigi Bagiarelli. Elang dipakai sebagai representasi Dewa Zeus, Dewa Langit dan Petir dalam mitologi Yunani.

Berkat logo ini, Lazio memiliki julukan baru, yakni le Aquille dan Aquilotti yang berarti elang. Di masa sekarang, Lazio memakai logo yang memiliki ornamen elang emas dengan sebuah perisai putih dan memiliki motif pinggiran berwarna biru di bagian bawahnya. Di dalam perisai tersebut, tertera identitas klub ‘S.S. Lazio’ dengan warna khas klub, biru-putih di bagian tengah.

Stadion Kandang

Lazio menempati stadion yang sama dengan rival sekota mereka, yakni Stadio Olimpico. Stadion ini merupakan stadion kandang bagi Lazio, AS Roma serta timnas Italia dan terletak di kawasan Forro Italico, Italia. Dibuka pada tahun 1937, Stadio Olimpico kini dapat menampung hingga 70 ribu penonton dalam setiap pertandingan.

Dua klub ibukota ini juga pernah berbagi stadion kandang yang terletak di distrik Flaminio, Roma, Italia. Stadion yang diberi nama Stadio Flaminio ini ditempati kedua tim di musim 1989/1990. Kedua klub tersebut pindah ke stadion ini karena pada saat itu, Stadio Olimpico tengah mengalami renovasi.

Gelar dan Prestasi

Sepanjang 120 tahun berdirinya klub, Lazio telah memenangkan berbagai gelar juara, baik di kompetisi domestik, maupun kompetisi internasional, khususnya di Benua Eropa. Mereka telah memenangkan dua gelar Serie A dan satu gelar Serie B. Rival sekota AS Roma ini juga punya koleksi tujuh gelar Coppa Italia dan lima gelar Supercoppa Italiana.

Di kompetisi Eropa, catatan Lazio mungkin terbilang tak begitu bagus. Namun, tim ini tercatat sudah memenangkan dua gelar juara. Gelar pertama mereka dapat di ajang UEFA Cup Winners’ Cup musim 1998/1999. Sementara gelar ke-2 mereka raih di ajang UEFA Super Cup tahun 1999.

GABUNG PKV TERPERCAYA & TER’AMAN   >>>DISINI<<<
PREDIKSI TOGEL TERBAIK ASIA                     >>>DISINI<<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *