Juli 29, 2021

Profil Manchester City, Klub Inggris Satu-Satunya yang Didirikan Oleh Wanita

Manchester City – Perlahan namun pasti, nama Manchester City kini mulai bertransformasi menjadi salah satu klub raksasa dunia. Dengan sokongan dana berlimpah dari pengusaha timur tengah, klub ini berubah menjadi kekuatan menakutkan di Eropa. Berikut kami sajikan profil singkat mengenai klub yang berbasis di Manchester ini.

Sejarah Singkat Berdirinya Klub

Kumpulan Bandarqq – Berbicara soal sejarah klub, Manchester City punya satu catatan unik dalam sejarah eksistensi mereka. City adalah satu-satunya klub profesional Inggris yang didirikan oleh seorang wanita. Wanita tersebut adalah Anna Connell, putri dari Kepala Gereja St. Marks sekitar periode tahun 1865, Arthur Connell.

Pada awalnya, Anna yang ingin membentuk sebuah tim olahraga guna menekan angka kejahatan dan pengangguran, membentuk tim kriket. Namun, seiring berjalannya waktu, klub sepakbola mulai dimasukkan dalam klub ini, seiring semakin populernya olahraga ini. Pada 1880, akhirnya para pemain kriket tim ini membentuk klub sepakbola dengan nama St. Marks.

Usai pembentukannya, klub ini telah beberapa kali berganti nama. Pada tahun 1887, St. Marks berganti nama menjadi Ardwick A.F.C, sesuai dengan lokasi markas baru mereka di Hyde Road, Ardwick. Setahun setelah mengikuti kompetisi divisi ke-2 Inggris, yakni pada 1893, klub ini secara resmi berganti nama lagi menjadi Manchester City FC.

Logo Klub

Situs BandarQQ – Dalam sejarah klub, Manchester City tercatat telah mengenakan tiga logo berbeda. Logo yang dipakai saat ini diadaptasi dari logo klub di era tahun 1997. Di awal kemunculan logo baru tersebut, City masih memunculkan gambar elang emas. Namun, gambar tersebut akhirnya dihilangkan pada desain final yang dirilis pada November 2015.

City memiliki logo yang memuat beberapa elemen di dalamnya. Lingkaran yang menjadi elemen dasar bermakna dinamis dan tak terbatas. Tulisan “Manchester City 1894” merujuk pada tahun berdirinya tim. Sementara font Sans Serif yang digunakan seakan memberi makna modern dan efisien.

Warna biru langit yang merupakan warna dasar logo adalah warna kebanggaan klub yang sudah digunakan City sejak 1894. Gambar yang paling menonjol dalam logo klub saat ini adalah gambar kapal layar. Kapal layar dipilih bukan tanpa makna. Gambar ini menjadi simbol kota Manchester sebagai kota pelabuhan di Inggris.

Stadion Kandang

Sejak tahun 1923, Manchester City menempati Maine Road sebagai markas mereka. Namun, di akhir musim 2002/2003, mereka pindah ke City of Manchester Stadium. Stadion ini telah dipakai City sebagai homeground tim hingga saat ini. Atas alasan sponsor, pada tahun 2011, City of Manchester berganti nama menjadi Etihad Stadium.

Antara tahun 1880 hingga 1887 ada sekitar lima stadion yang pernah menjadi kandang kesebelasan ini. Hyde Road Football Stadium mungkin menjadi yang terlama karena stadion ini sudah ditempati City selama 36 tahun. Namun, kebakaran yang melanda stadion ini pada 1920 memaksa City berganti markas ke Maine Road.

Gelar dan Pencapaian

Berita Skor Bola – Berdasarkan gelar yang telah diraih selama ini, City menjadi salah satu klub tersukses di Inggris. Total, mereka telah meraih 26 trofi kompetisi bergengsi, baik di kompetisi domestik maupun Eropa. Gelar pertama yang didapat The Citizen adalah gelar Piala FA tahun 1904. Sementara untuk gelar Liga Inggris pertama, mereka dapat pada musim 1936/1937.

Selain gelar domestik, City juga memiliki gelar kompetisi Eropa dari ajang UEFA Cup Winners’ Cup musim 1969/1970. Di musim lalu yakni musim 2018/2019, City menjadi tim pertama yang mampu menyapu bersih semua gelar kompetisi Inggris. Tim ini juga menjadi tim dengan koleksi gelar divisi ke-2 terbanyak, bersanding dengan Leicester City.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *