November 24, 2020

Profil Michael Ballack, The Little Kaiser

Profil Michael Ballack, The Little Kaiser

Profil Michael Ballack merupakan salah satu legenda timnas Jerman sekaligus masuk ke dalam deretan pemain dengan raihan gol terbanyak. Selain itu mantan pemain Chelsea tersebut juga pernah meraih gelar pemain terbaik tahunan Jerman pada tahun 2001, 2002, dan 2003.

Saat masih aktif bermain Michael Ballack selalu mengenakan nomor punggung favoritnya yaitu 13, kecuali saat memperkuat Kaiserslautern. Pemain tersebut dikenal sangat baik dalam memimpin rekan-rekan setimnya melalui lini tengah.

Awal Karir Michael Ballack

bandar dominoqq – Dia sudah dimasukkan untuk belajar di sekolah sepakbola sejak usianya masih tujuh tahun. Sebab ayahnya juga merupakan seorang pemain sepakbola yang bermain di divisi dua saat itu yakni Stephan Ballack.

Kemudian pada tahun 1995, Michael Ballack mendapatkan kontrak pertamanya sebagai pemain sepakbola profesional. Berkat performa bagusnya selama memperkuat Chemnitzer, bahkan dijuluki oleh “The Little Kaiser” saat itu.

Lalu pada tahun 1997, Michael Ballack didatangkan oleh Kaiserslautern setelah memperkuat Chemnitzer sebanyak 49 kali dan dengan raihan sepuluh gol. Di musim tersebut dirinya juga untuk yang pertama kali mendapat kesempatan untuk bermain di Bundesliga bersama klub barunya tersebut.

Saat itu Kaiserslautern berhasil menembus hingga babak perempat final Liga Champion musim 1998-1999 dengan menjadi pemuncak klasemen grup. Bahkan mereka sanggup mengalahkan tim sekelas Benfica dan PSV saat itu walaupun pada akhirnya harus kalah dari Bayern Munchen.

Hal tersebut membuat Michael Ballack didatangkan oleh Bayer Leverkusen pada awal musim 1999-2000 silam dengan biaya sebesar 4 juta euro. Didatangkan pada usia 22 tahun, dia menjalani tahun terbaiknya bersama klub tersebut adalah pada musim 2001-2002.

Karena saat itu Bayer Leverkusen menempati urutan kedua Bundesliga dan menjadi finalis Liga Champion yang kemudian dikalahkan oleh Real Madrid. Hal tersebut tidak lepas dari catatan gemilang Michael Ballack yang berhasil menjadi pencetak gol terbanyak bagi klub tersebut yaitu sebanyak 17 gol.

Kesuksesan Bersama Bayern Munchen Dan Chelsea

bandarqq – Raihan tersebut membuat Bayern Munchen menebusnya dari Bayer Leverkusen pada tahun 2002 dengan biaya sebesar 12 juta euro. Dan di musim perdananya, Michael Ballack berhasil menjadi juara Bundesliga dan DFB-Pokal.

Namun Michael Ballack hanya memperkuat Bayern Munchen selama empat musim saja dan berhasil meraih 62 gol dari 157 pertandingan. Selain itu, dirinya juga sudah menyumbangkan delapan gelar juara domestik selama bermain dengan klub tersebut di Jerman.

Kemudian dia memulai petualangan barunya dengan mencoba bergabung dengan Chelsea dan bermain di Liga Primer Inggris pada musim 2006-2007. Tidak perlu menunggu waktu lama sebab pada musim 2007-2008, Michael Ballack berhasil meraih gelar juara Piala FA dan Piala Liga saat itu.

Pencapaian terbaiknya bersama The Blues adalah saat musim 2009-2010 karena saat itu dia berhasil meraih treble domestik. Yaitu Liga Primer Inggris, FA Cup dan Community Shield berhasil diraihnya saat itu.

Persembahan trofi tersebut menjadi yang terakhir dari Michael Ballack karena setelah itu dia memutuskan untuk kembali memperkuat Bayer Leverkusen. Padahal saat itu, Carlo Ancelotti yang menjadi manajer Chelsea berharap kepada dirinya agar bertahan selama satu musim lagi.

Namun keputusan yang diambil oleh Michael Ballack sudah bulat dan menerima kontrak dengan Bayer Leverkusen dengan durasi selama dua musim. Lalu pada tahun 2012 lalu mantan kapten Chelsea tersebut memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola.

Sejumlah gelar individu sudah diraih oleh Michael Ballack selama memperkuat klub-klub tersebut saat masih aktif bermain. Diantaranya dia masuk ke dalam daftar pemain FIFA 100 dan juga FIFA XI pada tahun 2002.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *