April 25, 2024

Profil Neymar, Pemain Termahal Dunia Milik PSG dan Brazil

Profil Neymar – Sensasional, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan karir winger Paris Saint-Germain, Neymar. Sepanjang karirnya, pemain yang satu ini tak pernah berhenti menebar sensasi, baik dalam konotasi positif, bahkan dalam konotasi negatif. Guna mengetahui lebih lanjut tentangnya, berikut adalah profil singkat Neymar.

Profil Neymar Awal Karir

Situs BandarQQ – Neymar lahir pada tanggal 5 Februari 1992 di Mogi das Cruzes, São Paulo, Brazil dengan nama Neymar da Silva Santos Júnior. Ibunya bernama Nadine da Silva. Sementara ayahnya adalah seorang mantan pesepakbola yang bernama Neymar Santos Sr. Dari nama ayahnya tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa nama Neymar ia warisi dari nama ayahnya.

Semasa kecil, Neymar menggemari olahraga futsal dan kerap bermain sepakbola jalanan. Menurutnya, kedua olahraga inilah yang membuatnya bisa terampil mengolah bola seperti sekarang. Neymar pernah bermain untuk tim junior Portuguesa Santista pada tahun 2003. Tak lama setelah itu, ia pindah ke Santos dan berhasil mengubah nasibnya menjadi lebih baik.

Mulai Bersinar di Santos

Bersama Santos, Neymar memulai debutnya pada tanggal 7 Maret 2009 di usianya yang baru menginjak 17 tahun. Sejak saat itu, Neymar terus tampil memukau dan catatkan sejumlah prestasi. Atas penampilan gemilangnya, Neymar sempat mendapat tawaran dari sejumlah klub elit Eropa, termasuk Chelsea dan Barcelona.

Puncak penampilan memukau Neymar terjadi pada pertandingan final Piala Dunia AntarKlub tahun 2011 melawan Barcelona. Di ajang ini pula ketertarikan Barca memboyong Neymar muncul. Hingga pada tanggal 27 Mei 2013, berita mengenai transfer Neymar ke Barcelona benar-benar terealisasi.

Menjadi Bagian dari Trio Maut Barcelona

Berita Skor Bola – Tak butuh waktu lama bagi Neymar untuk beradaptasi di Spanyol. Lima bulan usai diresmikan, tepatnya pada 26 Oktober 2013, ia mencetak gol perdana bagi Barca ke gawang Real Sociedad. Neymar semakin temukan ketajaman di Barcelona. Usai menjuarai gelaran Liga Champions di tahun 2015, Neymar menjadi bagian trio maut Barca saat itu.

Trio maut yang dimaksud ini terdiri dari Lionel Messi, Luis Suárez dan Neymar. Neymar mengakhiri musim 2014/2015 sebagai top skorer La Liga, bersanding dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Musim 2016/2017 menjadi musim terakhir bagi Neymar di Barcelona sebelum dibajak Paris Saint-Germain dengan status pemain termahal kala itu.

Pecahkan Rekor Pemain Termahal di PSG

Pada tanggal 3 Agustus 2017, Neymar bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan biaya transfer fantastis, yakni 222 juta euro. Dengan nilai transfer sebesar ini, ia memecahkan rekor sebagai pemain termahal dunia. Di musim perdananya bersama PSG, Neymar bukukan 28 gol dari 30 penampilan, namun terpaksa berhenti bermain lebih cepat akibat cedera.

Cedera masih menjadi momok menakutkan bagi Neymar di musim 2018/2019. Musim tersebut bisa dibilang menjadi musim tersial bagi pemain asal Brazil ini. Pasalnya, di musim itu, ia sempat tersandung berbagai kasus, baik di dalam maupun luar lapangan. Meski begitu, ia masih berhasil merengkuh gelar Ligue 1 bersama PSG.

Di musim 2019/2020 ini, Neymar mengusung misi membawa trofi Liga Champion pertama untuk PSG, serta mempertahankan gelar juara Ligue 1. Cedera masih saja sempat menghampiri pemain 28 tahun ini. Namun, usai merumput lagi, ia berhasil membawa Les Parisiens melangkah ke babak perempat final Liga Champions.

Timnas Brazil dan Prestasi yang Telah Diraih

kumpulan bandarqq  – Tanggal 10 Agustus 2010 menandai penampilan perdana Neymar bersama Tim Samba Brazil. Sejak saat itu, Neymar kerap memperkuat timnas Brazil di berbagai kejuaraan internasional, termasuk Piala Dunia dan Copa America. Gelar juara FIFA Confederation Cup 2013 dan medali emas Olimpiade 2016 dua gelar bergengsi yang telah ia raih bersama Brazil.

Sementara itu, di level klub, Neymar telah menjuarai tiga kompetisi domestik berbeda, yakni Brazil, Spanyol dan Prancis. Di level individual, Neymar punya koleksi banyak penghargaan, termasuk FIFA Puskás Award tahun 2011. Ia juga pernah meraih sejumlah penghargaan pencetak gol terbanyak di berbagai kompetisi berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *