April 25, 2024

Profil Oliver Kahn, Kiper Setia Bayern Muenchen Dari Karlsruhe

Profil Oliver Kahn – Legenda kiper timnas Jerman yaitu Oliver Kahn merupakan salah satu penjaga gawang terhebat pada masanya. Saat itu pria kelahiran Karlsruhe ini menjadi pemain yang cukup loyal bersama klubnya yaitu Bayern Munchen.

Sejumlah gelar telah diraih sejak bergabung bersama The Bavarians dari Karlsruhe SC pada tahun 1994 silam. Salah satunya penghargaan yang diraih oleh Oliver Kahn yaitu menjadi kiper peraih FIFA Golden Ball satu-satunya pada Piala Dunia 2002.

Perjalanan Karir Oliver Kahn Bersama Karlsruhe SC

Kumpulan Bandarqq – Pria kelahiran 15 Juni 1969 ini mulai bermain sepakbola ketika usianya masih enam tahun dan saat itu bergabung dengan akademi Karlsruhe. Klub lokal tersebut merupakan tim ayahnya dulu ketika menjadi pemain sepakbola yaitu Rolf Kahn periode 1963-1965.

Selama beberapa tahun menjalani pelatihan dengan klub tersebut, Oliver Kahn pada akhirnya menjalani debut pada tahun 1987. Kala itu, penampilan perdananya tidak diwarnai hasil bagus karena Karlsruhe SC harus takluk dengan skor 4-0 atas FC Koln.

Tetapi perjalanannya tidak berhenti sampai disitu karena pada 1990, manajer Winfried Schafer menjadikan dirinya sebagai kiper utama Karlsruhe SC. Diberi tanggung jawab sebesar itu, Oliver Kahn muda tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan berusaha untuk tampil bagus bersama klub tersebut.

Usahanya tidaklah sia-sia karena pada musim 1993-1994, Karlsruhe SC mampu menembus semifinal UEFA Cup. Ini mungkin pencapaian terbaik klub tersebut sepanjang masa karena mampu sampai ke tahap tersebut.

Pencapaian tersebut membuat dirinya menarik perhatian Bayern Munchen saat itu dan mendatangkannya dengan biaya sebesar 2 juta euro pada 1994. Oliver Kahn langsung menjadi kiper utama klub untuk menggantikan posisi Raimond Aumann saat itu.

Bergabung Dengan Bayern Munchen Untuk Menjadi Kiper Kelas Dunia

Berita Skor Bola – Karirnya tidak langsung bersinar karena hanya mampu membawa The Bavarians finish di posisi keenam Bundesliga musim 1994-1995. Namun di musim yang sama, Oliver Kahn mampu membawa Bayern Munchen melaju hingga semifinal UEFA Cup saat itu.

Gelar juara pertamanya bersama Bayern Munchen adalah pada musim setelahnya yaitu 1995-1996 dengan menjuarai UEFA Cup. Saat itu The Bavarians berhasil menang atas Bordeaux dengan skor dua gol tanpa balas.

Atas pencapaiannya tersebut, timnas Jerman saat itu memanggil dirinya sebagai kiper pelapis Andreas Kopke saat itu. Posisinya hanya menjadi pelapis hingga Andreas Kopke menyatakan pensiun dari timnas pada tahun 1998.

Penampilan Oliver Kahn dalam menjaga gawang timnas Jerman juga tidak berjalan mulus pada EURO 2000 silam. Karena saat itu mereka harus menempati juru kunci klasemen grup A dibawah Inggris, Rumania dan Portugal.

Bisa dibilang itu adalah raihan buruk baik bagi Oliver Kahn maupun timnas Jerman sejauh ini. Karena di ajang tersebut, Der Panzer hanya bisa meraih satu poin ketika menahan imbang Romania 1-1.

Tetapi Oliver Kahn kembali dengan ambisi yang menggebu ketika timnas Jerman ikut serta pada gelaran Piala Dunia 2000. Hasilnya Der Panzer mampu mencapai partai final hanya dengan mencatatkan kebobolan sebanyak tiga gol saja selama kompetisi tersebut berjalan.

Sayangnya di partai final mereka harus menelan kekalahan dari Brasil ketika pertandingan tersebut berlangsung di Yokohama. Ronaldo Nazario menjadi mimpi buruk Oliver Kahn saat itu karena dia berhasil mencetak dua gol dan membuat timnas Jerman gagal meraih gelar tersebut.

Akan tetapi di tahun tersebut Oliver Kahn berhasil meraih gelar individu atas penampilannya yang gemilang bersama timnas Jerman. Kiper Bayern Munchen tersebut dianugerahi penghargaan FIFA World Cup Golden Ball 2000 dan FIFA World Cup Yashin Award 2000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *