November 24, 2020

Profil Olympique Lyonnais, Klub Sepakbola Tertua di Prancis

Profil Olympique Lyonnais, Klub Sepakbola Tertua di Prancis

Profil Olympique Lyonnais – Kompetisi Ligue 1 Prancis kini memang didominasi oleh satu nama, yakni Paris Saint-Germain. Namun, Ligue 1 tak selalu soal klub yang berbasis di ibukota tersebut. Ada klub-klub lain yang juga menarik untuk dibahas, seperti Olympique Lyon. Klub yang berdomisili di wilayah Lyon ini disebut sebagai klub tertua di daratan Prancis.

Selain menjadi klub tertua di Prancis, Lyon juga merupakan salah satu klub yang berprestasi dalam kompetisi sepakbola negara ini. Bahkan, Lyon disebut sebagai salah satu klub tersukses di abad ke-21. Untuk mengetahui lebih lanjut soal klub berjuluk Les Gones ini, berikut adalah profilnya.

Profil Olympique Lyonnais Sejarah Perkembangan Klub

situs bandarqq – Olympique Lyon sejatinya terbentuk dari sebuah klub olahraga yang bernama Lyon Olympique Universitaire. Klub ini dibentuk pada 1896 dengan nama Racing Club de Lyon. Menyusul konflik yang kerap terjadi dalam kubu internal, akhirnya manajer klub kala itu, Félix Louot berencana memisahkan diri dan membentuk klub sendiri.

Rencana tersebut akhirnya terwujud setelah Dr. Albert Triliat mendirikan Olympique Lyon secara resmi pada 3 Agustus 1950. Hanya berselang dua tahun setelah didirikan, Lyon berhasil merengkuh gelar juara pertama mereka di divisi ke-2. Setelah promosi ke kasta tertinggi, Lyon tetap bertahan selama beberapa dekade.

Pada tahun 1987, Lyon diambil alih oleh pebisnis asal  Rhône, Jean-Michael Aulas dan menjadi semakin berkembang. Memasuki era millenial, Lyon menjadi semakin sukses dan bahkan menjadi klub terkaya di Prancis. Mereka memenangkan gelar Ligue 1 perdana pada tahun 2002, yang diikuti dengan tiga gelar domestik lainnya.

Logo Klub

Sejak tahun 1950 hingga era sekarang, Lyon telah mengalami sejumlah perubahan logo. Pada awalnya, klub mengenakan logo dengan desain utama berbentuk perisai. Di dalam perisai tersebut ada simbol singa dan tulisan OL, yang merujuk pada nama klub. Pada tahun 1970 hingga 1989, aksen perisai dihilangkan dan logo Lyon hanya menampilkan simbol singa memegang tulisan OL.

Berikutnya, logo Lyon mengalami perubahan menjadi lebih simpel dan hanya menampilkan tulisan OL dengan corak garis berwarna merah-biru.  Mulai tahun 1996, muncullah desain logo Lyon seperti yang kita kenal sekarang. Logo tersebut disempurnakan pada tahun 2006. Dalam logo Lyon ini terdapat tulisan OL dengan gambar singa di dalam huruf O, serta tulisan Olympique Lyonnais yang ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di bagian atas.

Stadion Kandang

Stade de Gerland menjadi stadion pertama yang digunakan Lyon sebagai stadion kandang mereka. Lyon memakai stadion ini mulai tahun 1950 hingga tahun 2016. Pada awalnya, stadion ini memiliki jalur khusus pesepeda. Namun, jalur tersebut kemudian dihilangkan guna menambah kapasitas stadion menjadi 50 ribu penonton.

Presiden Lyon kemudian mempunyai ide untuk membangun sebuah stadion baru berkapasitas 60 ribu penonton pada 1 September 2008. Stadion yang diberi nama Parc OL ini rampung dibangun dan dibuka pada tahun 2016. Atas alasan sponsor, stadion ini kemudian berganti nama menjadi Groupama Arena.

Gelar dan Pencapaian

kumpulan bandarqq – Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Olympique Lyon adalah salah satu tim tersukses Prancis di abad ke -21. Total ada tujuh gelar Ligue 1 dan tiga piala Ligue 2 yang menghias lemari trofi mereka. Mereka juga punya koleksi gelar domestik lain, seperti Coupe de France, Coupe de la Ligue dan Trophée des Champions.

Sepanjang sejarah, Lyon juga punya satu gelar juara kompetisi UEFA. Satu-satunya gelar tersebut mereka raih di ajang UEFA Intertoto Cup tahun 1997. Lyon juga pernah tampil di babak semifinal Liga Champions, Liga Eropa dan UEFA Cup Winners’ Cup. Namun, tak ada satupun ajang tersebut yang berhasil mereka menangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *