April 25, 2024

Profil Real Madrid, Klub Tersukses Spanyol di Kompetisi Domestik Maupun Internasional

Profil Real Madrid – Selama bertahun-tahun, tak diragukan lagi bahwa Real Madrid adalah salah satu raksasa penguasa sepakbola Eropa. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabéu ini telah merengkuh berbagai gelar bergengsi selama eksistensinya. Bukan hanya itu, mereka juga pernah mencetak beberapa bintang lapangan hijau seperti Raúl dan Iker Casillas.

Bukan hanya berprestasi, Real Madrid juga merupakan salah satu tim paling kaya di dunia. Sejarah panjang menghias perjalanan klub, dari awal terbentuk hingga meraih banyak kesuksesan di era sekarang. Seperti apa profil lengkap dari Real Madrid? Berikut adalah profil lengkap klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Sejarah Berdirinya Klub

Situs BandarQQ – Awal berdirinya Real Madrid tak bisa lepas dari awal mula sepakbola mulai diperkenalkan di Spanyol oleh sejumlah mahasiswa lulusan Universitas Cambridge dan Oxford. Para mahasiswa ini kemudian mendirikan organisasi sepakbola La Sociedad atau Sky Football. Dikarenakan konflik internal, organisasi ini kemudian terpecah menjadi beberapa bagian.

Pada tahun 1900, salah satu bagian pecahan dari organisasi sepakbola tersebut terbentuk menjadi klub baru yang bernama Nueva Sociedad de Sky Football. Saat era kepemimpinan presiden ke-2, Juan Padrós, klub ini berganti nama menjadi Madrid Football Club. Klub ini resmi mengubah namanya menjadi Madrid FC pada 6 Maret 1902.

Tiga tahun berselang, Madrid FC meraih gelar perdananya di ajang Spanish Cup melawan Athletic Bilbao. Klub ini menjadi salah satu pemrakarsa didirikannya asosiasi sepakbola Spanyol, Royal Spanish Football Federation. Pada tahun 1920, Raja Alfonso XII memberikan gelar kebangsawanan Real kepada klub yang dipakai sebagai nama klub hingga sekarang.

Logo Klub

Kumpulan bandarqq – Di awal pembentukannya, Real Madrid memiliki logo sederhana yang memuat inisial MCF, singkatan dari Madrid Club de Fútbol. Tulisan MCF ini memiliki warna biru gelap yang dikombinasikan dengan warna putih dari seragam kesebelasan. Pada tahun 1908, penulisan inisial MCF dibuat lebih simpel dan mulai ditempatkan dalam lingkaran.

Saat mendapat gelar Real dari Raja Alfonso XII, logo klub menambahkan ornamen mahkota ke dalam logonya. Kali ini, tulisan MCF tidak berwarna biru, melainkan warna kuning emas. Pada tahun 1931, ornamen mahkota dihapus dan diganti dengan garis berwarna biru gelap. Garis biru gelap ini ditambahkan sebagai simbol dari Region Castile.

Sepuluh tahun berselang, logo klub kembali menampilkan aksen mahkota dengan menampilkan garis biru gelap secara bersamaan. Pada tahun 2001, logo klub kembali mengalami perubahan. Aksen mahkota dan garis biru tetap ada. Namun, warna yang dipilih untuk garis tersebut kini menjadi lebih cerah yang disebut lebih menonjolkan cita rasa abad ke-21.

Stadion Kandang

Real Madrid tercatat telah beberapa kali bergonta-ganti stadion kandang. Mulai dari Campo O’Donnel, Campo de Ciudad Lineal, Estadio Chamartín hingga Santiago Bernabéu. Pada tahun 1974, Madrid mendirikan sebuah stadion baru. Stadion ini diresmikan pada tanggal 14 Desember 1947 dan baru dinamai Estadio Santiago Bernabéu sejak tahun 1955.

Semenjak diresmikan 25 tahun yang lalu, Santiago Bernabéu telah mengalami beberapa kali perombakan kapasitas. Stadion ini terakhir direnovasi pada tahun 2003. Renovasi ini dilakukan guna menambah kapasitas kursi menjadi sekitar 81.254 penonton. Tim junior Madrid, Real Madrid Castilla juga memiliki stadion sendiri yang diberi nama Estadio Alfredo Di Stéfano.

Gelar dan Pencapaian

Berita Skor Bola – Sepanjang 118 tahun eksistensi klub, Real Madrid telah meraih berbagai gelar di semua kompetisi. La Liga jelas menjadi yang terbanyak. Madrid saat ini mempunyai koleksi total 33 gelar La Liga yang terakhir mereka raih pada musim 2016/2017 silam. Selain di ajang domestik, Real Madrid juga menjadi tim tersukses di Liga Champions dengan torehan 13 gelar juara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *