April 24, 2024

Profil Wolverhampton Wanderers, Satu-Satunya Klub yang Menjuarai Empat Divisi Liga Inggris

BeritaSkorBola, Wolverhampton Wanderers Kompetisi Liga Primer Inggris kerap menghadirkan sejumlah klub kejutan di dalamnya. Salah satu tim yang sering mengganggu dominasi para raksasa Inggris adalah Wolverhampton Wanderers. Namanya mungkin kurang populer. Namun, klub ini adalah salah satu penemu kompetisi Liga Inggris.

Sejak didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu, klub ini tercatat sudah bermain sebanyak 65 musim di kasta tertinggi Inggris. Mereka bahkan sudah pernah berada di kasta tertinggi selama 33 musim berturut-turut. Klub ini memiliki ciri khas gambar kepala serigala dalam logonya, serta memiliki warna kebesaran kuning emas dan hitam.

Profil Wolverhampton Wanderers, Satu-Satunya Klub yang Menjuarai Empat Divisi Liga Inggris

Sejarah Perkembangan Klub Wolverhampton Wanderers

Layaknya kebanyakan klub asal Inggris lainnya, pendirian Wolverhampton yang terjadi pada tahun 1877 tak bisa lepas dari pengaruh olahraga kriket dan organisasi gereja. Saat itu, dua murid St Luke’s Church School, John Baynton dan John Brodie mendirikan klub dengan nama St Luke’s FC.

Pada bulan Agustus 1879, klub kriket dan sepakbola St Luke’s berpisah. Klub kriket berganti nama menjadi Blakenhall Wanderers. Sedangkan klub sepakbola mengalami perubahan nama menjadi Wolverhampton Wanderers. Setahun berselang, Wolverhampton menjadi satu dari 12 klub penemu Liga Inggris.

Wolves memenangkan gelar Piala FA pertama mereka pada tahun 1893 saat menumbangkan Everton di partai final. Pada era pra Perang Dunia, klub ini berhasil tampil mengesankan dan nyaris menjuarai Liga Inggris musim 1937/1938. Namun, pada saat itu, mereka harus puas finish satu poin di bawah pemegang gelar juara, Arsenal.

Logo Klub Wolverhampton Wanderers

Di awal pendiriannya, banyak klub asal Inggris yang mengadaptasi logo pemerintah daerah mereka menjadi logo klub. Demikian halnya dengan Wolverhampton. Logo pertama yang dikenakan klub juga mengadaptasi logo dari pemerintah kota Wolverhampton. Penggunaan logo ini dipertahankan klub hingga tahun 1960-an.

Setelah mengenakan logo yang diadaptasi dari logo milik pemerintah kota, Wolves mengenakan logo dengan gambar seekor serigala yang sedang melompat pada 1960-an. Logo ini mengalami sedikit perombakan pada pertengahan 1970-an. Dalam perombakan logo tersebut, jumlah serigala ditambah menjadi tiga ekor serigala yang sedang melompat.

Simbol kepala serigala, seperti yang kita kenal sekarang, mulai diperkenalkan Wolves pada tahun 1979. Logo tersebut kemudian mengalami perubahan desain menjadi lebih minimalis pada tahun 2002. Alhasil, lahirlah logo Wolverhampton yang sekarang kita kenal. Logo yang menampilkan kepala serigala berwarna hitam dengan background berwarna kuning emas.

Stadion Kandang

Ketika pertama kali didirikan, klub ini menempati sebuah lapangan yang terletak di Goldthorn Hill, daerah Blakenhall sebagai kandang mereka. Mereka kemudian pindah ke John Harper’s Field yang terletak di Lower Villiers Street pada 1879. Berselang dua tahun kemudian, mereka kembali pindah ke Dudley Road.

Klub mulai menempati kandang mereka sekarang, Molineux Stadium sejak tahun 1889. Sejak saat itu, Molineux telah mengalami beberapa kali tahap renovasi untuk menambah kapasitas penonton dan fasilitas. Kini, stadion yang berlokasi di Waterloo Road, Wolverhampton ini dapat mengakomodasi sekitar 32 ribu penonton dalam setiap pertandingan.

Gelar dan Prestasi

Selama 142 tahun berdirinya klub, Wolverhampton tercatat sudah memenangkan sejumlah gelar juara. Mereka sudah memenangkan tiga gelar divisi pertama Inggris, empat gelar divisi ke-2, tiga gelar divisi ke-3 dan satu gelar divisi ke-4. Mereka juga pernah memenangkan gelar kompetisi domestik lain, seperti Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Sayangnya, kesuksesan Wolverhampton di negeri sendiri tak mampu mereka bawa ketika bermain di kompetisi antarklub Eropa. Prestasi terbaik mereka di kompetisi Eropa hanyalah menjadi runner-up UEFA Cup musim 1971/1972. Pada saat itu, mereka harus kalah atas rival senegaranya, Tottenham Hotspur di partai final dengan skor akhir 1-2.

AYO DUKUNG TIM FAVORIT KAMU DI BANDAR >>>  Judi Bola Online <<<

GABUNG PKV TERPERCAYA & TER’AMAN    >>> Poker Online <<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *