April 26, 2024

Profil Zinedine Zidane Pemain Terbaik Prancis yang Kini Menjadi Pelatih Real Madrid

BeritaSkorBola, Zinedine Zidane dikenal sebagai salah satu negeri yang menghasilkan banyak pemain berbakat. Usai pensiun, banyak dari para pemain ini yang menjadi pelatih hebat. Salah satu mantan pemain Prancis yang kini sukses membina karir kepelatihan adalah Zinedine Zidane. Usai membela sejumlah klub ternama sepanjang karirnya sebagai pemain, Zidane kini menjadi entrenador klub ibukota Spanyol, Real Madrid.

Semasa masih aktif menjadi pemain, Zidane disebut sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah sepakbola. Zidane yang mengawali karir di Prancis, kini juga telah mengumpulkan sejumlah trofi, termasuk La Liga, Serie A dan Liga Champions. Guna mengetahui perjalanan karir Zidane saat masih aktif bermain, berikut adalah profilnya.

Masa Kecil dan Awal Karir Zinedine Zidane

Pria bernama lengkap Zinedine Yazid Zidane ini lahir pada tanggal 23 Juni 1972 di La Castellane, Marseille, Prancis. Ia adalah putra dari Sma’il dan Malika, pasangan muslim asal Aljazair yang pindah ke Prancis pada 1953, atau sebelum pecahnya Perang Aljazair. Zidane adalah putra ke-5 dari lima bersaudara.

Dibesarkan di Castellane, Zidane mulai mengenal sepakbola saat berusia lima tahun. Saat itu, ia dan teman-teman di sekitar rumahnya kerap bermain di lapangan sekitar rumahnya. Zidane membina karir pertamanya bersama sejumlah klub Prancis. Beberapa klub yang pernah ia bela, antara lain, US Saint-Henri, SO Septèmes-les-Vallons.

 

Perjalanan Karir di Prancis Zinedine Zidane

Setelah mendapat kesempatan berlatih bersama Cannes, Zidane akhirnya bergabung dengan klub asal Prancis ini dan memulai debutnya bersama tim ini pada 18 Mei 1989. Ketika berada di atas lapangan, Zidane menunjukkan skill yang luar biasa. Kemampuannya inilah yang membawa Zidane ke Girondins de Bordeaux pada musim 1992/1993.

Tak disangka, selama empat musim memperkuat Bordeaux, ia berhasil memenangkan sejumlah gelar juara, termasuk Intertoto Cup 1995 dan UEFA Cup musim 1995/1996. Berkat kegemilangannya, Zidane mendapat gelar Ligue 1 Player of the Year 1996. Setelah diminati sejumlah raksasa Eropa, Zidane memutuskan untuk bergabung dengan Juventus pada 1996.

UNTUK BERMAIN BETTING BOLA DENGAN UANG ASLI KLIK >>>GEMARBOLA<<<

Berbagai Gelar di Juventus dan Real Madrid

Saat memperkuat Juventus, Zidane tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan gaya bermain klub asal Italia tersebut. Di musim perdananya, ia langsung berikan gelar ganda, yakni Serie A musim 1996/1997 dan Intercontinental Cup 1996. Di musim berikutnya, yakni pada musim 1997/1998, Zidane berhasil membawa Juve kembali juarai Serie A Italia.

Zidane juga mendapat sejumlah penghargaan individu selama memperkuat Juventus. Pada tahun 1998, ia dianugerahi gelar FIFA World Player of the Year. Kesuksesannya berlanjut dengan memenangkan gelar Ballon d’Or di tahun yang sama. Pada tahun 2001, ia juga mendapat gelar Serie A Foreign Footballer of the Year ke-2 nya.

Pada tahun 2001, Zidane didatangkan oleh klub Spanyol, Real Madrid dengan bayaran sekitar 75 juta euro. Di musim perdananya, Zidane menjadi penentu kemenangan Real Madrid di pertandingan final Liga Champions tahun 2002 melawan Bayer Leverkusen. Bersama Madrid, ia sudah memenangkan sejumlah gelar, seperti La Liga, Supercopa de España, Liga Champions dan UEFA Super Cup.

Karir Internasional

Sejak memperkuat tim senior Prancis pada 1994, Zidane menjadi pilihan utama Prancis di berbagai ajang, seperti Piala Eropa 1996, 2000, 2004, dan Piala Dunia 1998, 2002, 2006.

Setelah memenangkan sejumlah gelar, Zidane pensiun pada tahun 1998. Adalah insiden antara dirinya dengan Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006 yang membuatnya menepi dari karir internasional untuk selamanya.

Gelar dan Penghargaan

Sebelum menjadi pelatih terkenal seperti sekarang, Zidane telah lebih dulu menjadi pelatih dengan beragam gelar yang telah ia menangkan sepanjang karirnya. Beberapa gelar yang telah ia menangkan adalah, Piala Dunia, La Liga, Serie A, Liga Champions dan Piala Eropa. Di level individu, ia juga punya sejumlah penghargaan, termasuk Ballon d’Or 1998 dan Onze d’Or 1998, 2000 dan 2001.

GABUNG PKV TERPERCAYA & TER’AMAN   >>>SponsorQQ<<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *