April 16, 2024

Profil Arsenal, Kenangan Tim yang Pernah Mendominasi Kompetisi Inggris

Profil Arsenal – Sebagai negara yang memiliki kompetisi sepakbola tertua di dunia, Inggris memiliki sejumlah klub tertua dan juga paling berprestasi di kompetisi sepakbola Eropa. Arsenal adalah salah satunya. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini adalah klub yang pernah meraih poin terbanyak dalam semusim kompetisi Liga Primer Inggris.

Rangkaian gelar domestik, seperti Liga Primer Inggris serta Piala FA sudah mereka raih sepanjang sejarah berdirinya klub ini. Arsenal juga telah melalui perjalanan yang panjang untuk menjadi seperti sekarang. Seperti apa perjalanan mereka? Mari kita simak dalam profil singkat klub asal London utara ini.

Sejarah Pendirian Klub Arsenal

kumpulan bandarqq – Arsenal merupakan klub yang didirikan oleh para pekerja dari Woolwich dan didirikan pada bulan Oktober 1886. Dalam sejarah pendiriannya, klub ini memiliki beberapa nama seperti Royal Arsenal dan Woolwich Arsenal. Nama Royal Arsenal dipakai di masa awal pendiriannya, kemudian diganti dengan Woolwich Arsenal sebelum akhirnya berubah menjadi ‘Arsenal’ saja.

Di era sekarang, Arsenal mungkin terlihat kurang berprestasi di kompetisi sepakbola Inggris. Namun, dulu mereka sangat mendominasi kompetisi Negeri Ratu Elizabeth ini. Awal kejayaan mereka dimulai sekitar tahun 1925 hingga periode 1935. Di era ini mereka sukses merengkuh sejumlah trofi bergengsi Inggris, termasuk Piala FA dan Liga Inggris.

Pada rentang waktu 1940 hingga 1960-an, Arsenal sempat mengalami penurunan performa. Namun, kedatangan pelatih Arsène Wenger pada 1996 berhasil kembali membangkitkan klub dari tidur panjangnya. Arsenal kembali ke era kejayaannya di era Wenger dan berhasil mematahkan dominasi klub tersukses Inggris, Manchester United.

Logo Klub

berita skor bola – Sejak awal berdirinya klub dan sejak masih menggunakan nama Royal Arsenal, klub sudah memakai meriam sebagai maskot utama dalam logo klub. Namun, berbeda dengan era sekarang, logo Arsenal pertama menggambarkan tiga buah meriam yang dilihat dari atas. Logo ini kemudian berevolusi menjadi logo monogram dengan simbol satu meriam dan tulisan AFC 1930.

Atas keinginan jajaran direksi klub, konsep logo lawas Arsenal ditinggalkan dan diganti dengan konsep yang lebih modern, seperti yang kita kenal sekarang. Logo ini dipublikasikan untuk pertama kali pada tahun 2002. Di musim 2011/2012, Arsenal memberikan sedikit ornamen guna memperingati ulang tahun ke-125 klub ini.

Stadion Kandang

Sebelum mengikuti kompetisi Liga Inggris, Arsenal memainkan laga kandangnya di sebuah taman di daerah Plumstead Common. Sejak tahun 1913, mereka kemudian pindah ke stadion baru mereka yang diberi nama Highbury atau juga dikenal sebagai Arsenal Stadium. Highbury yang ditempati Arsenal hingga tahun 2006 ini dapat menampung sekitar 60 ribu penonton.

Melalui beberapa pertimbangan, Arsenal akhirnya membangun sebuah stadion baru yang awalnya diberi nama Ashburton Grove. Namun, karena alasan sponsor, lama kelamaan, stadion ini kita kenal sebagai Emirates Stadium. Stadion berkapasitas 60 ribu penonton, stadion ini merupakan stadion terbesar ke-4 di Inggris.

Gelar dan Pencapaian

agen domino99 – Mungkin, untuk saat ini, kita jarang mendengar Arsenal memenangkan sebuah gelar juara. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa klub ini dulunya merupakan klub yang begitu mendominasi sepakbola Inggris. Sepanjang sejarah berdirinya klub, Arsenal telah memenangkan 13 gelar Premier League, pengoleksi gelar terbanyak ke-3 kompetisi ini.

Selain memenangi gelar juara Liga Inggris, mereka juga memegang rekor sebagai pengoleksi gelar juara Piala FA terbanyak. Total, mereka sudah kumpulkan 13 gelar juara kompetisi ini, dengan gelar terakhir mereka dapatkan pada musim 2016/2017. Arsenal juga telah memenangkan total 15 gelar FA Community Shield.

Kita juga mungkin jarang mendengar nama Arsenal jika bicara soal prestasi mereka di kompetisi sepakbola Eropa. Namun, mereka nyatanya bukan tak pernah meraih gelar juara di kompetisi antarklub Benua Biru. Arsenal tercatat pernah meraih dua gelar Eropa, yakni gelar UEFA Cup Winners’ Cup dan Inter-Cities Fairs Cup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *