January 23, 2021

Profil Petr Cech, Kiper Yang Pernah Menjadi Penyerang

Petr Cech merupakan salah satu kiper legenda yang membawa The Blues meraih sejumlah gelar ketika masih aktif bermain. Kiper asal Ceko ini telah memperkuat Chelsea sekitar 11 tahun lamanya.

Dirinya pernah menjadi bagian dari Chelsea ketika klub asal London tersebut berhasil memecahkan rekor pada tahun 2004-2008 lalu. The Blues meraih rekor tersebut setelah mereka berhasil mencatatkan sebanyak 86 pertandingan tanpa menelan kekalahan ketika bermain di Stamford Bridge.

Menjadi Seorang Penyerang Sebelum Akhirnya Menjadi Kiper

Kumpulan bandarqq –  Dia memulai perjalanannya di dunia sepakbola sejak masih berusia tujuh tahun dan saat itu bermain untuk akademi Viktoria Plzen. Saat itu dirinya berposisi sebagai penyerang namun dirinya mengalami cedera pada umur sepuluh tahun.

Setelah itu, pemain kelahiran 20 Mei 1982 ini beralih dari seorang penyerang menjadi kiper setelah itu. Kemudian di umur 17 tahun, Petr Cech bergabung dengan klub profesional pertamanya yaitu Chmel Blsany.

Dia memperkuat Chmel Blsany hanya sekitar satu musim lebih sebab pada tahun 2001 silam, Sparta Praha tertarik untuk mendatangkannya. Bersama klub barunya tersebut, Dia langsung memutus rekor Theodor Rheimann sebagai kiper dengan tanpa kebobolan terlama klub saat itu.

Walaupun tampil baik bersama Sparta Praha saat itu, dia masih belum merengkuh gelar bagi klub tersebut. Tetapi Dia mendapat perhatian dari salah satu klub asal Perancis, yaitu Rennes.

Didatangkan dengan biaya sekitar 5.5 juta euro, Petr Cech berhasil menyelamatkan klub tersebut dari jurang degradasi Ligue 1 musim 2001-2002. Kemudian pada awal tahun 2004, kiper asal Ceko tersebut bergabung dengan Chelsea dengan biaya sekitar 7 pounds.

Kesuksesan Bersama The Blues

Berita Skor Bola – Bergabung bersama Chelsea, merupakan sebuah keberuntungan baginya sebab dirinya berhasil meraih banyak gelar individu maupun bersama klub tersebut. Di musim perdananya yaitu 2004-2005, dia menjadi kiper utama The Blues yang saat itu ditangani oleh Jose Mourinho.

Sebab kiper utama Chelsea sebelumnya, Carlo Cudicini saat itu mengalami cedera siku dan mengharuskan pemain tersebut absen. Saat itulah Dia unjuk gigi dan terbukti meraih Premier League Golden Gloves musim 2004-2005 dengan catatan 21 kali cleansheet.

Dengan kemampuannya tersebut tidak heran kalau kiper asal Ceko tersebut membantu The Blues meraih sejumlah gelar. Sejauh ini Petr Cech total sudah membawa sebanyak 17 trofi ke Stamford Bridge selama sepuluh tahun.

Bersama The Blues, Dirinya juga mencatatkan rekor individu tersendiri selama berkarir di Liga Primer Inggris sejauh ini. Total ada enam penghargaan individu yang diraih mantan pemain Rennes tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Yang pertama dia menjadi kiper dengan cleansheet terbanyak dengan raihannya yaitu sebanyak 202 kali. Kemudian Dia juga meraih catatan tanpa kebobolan dengan satu klub terbanyak yaitu bersama Chelsea sebanyak 164 kali.

Lalu dia juga pernah menjadi kiper dengan raihan cleansheet terbanyak dalam satu musim yaitu 24 kali. Dia juga merupakan seorang kiper pertama yang bermain di Liga Primer Inggris dengan torehan cleansheet yang menyentuh angka 200.

Tentu dengan begitu, kiper asal Ceko tersebut sangat layak untuk disebut sebagai legenda Chelsea saat ini. Walaupun pada musim 2015-2016, Dia menandatangani kontrak dengan rival satu kota The Blues yaitu Arsenal.

Namun hal tersebut tidak menghalangi para pemain maupun para pendukung Chelsea mencemooh Petr Cech. Karena pada tahun 2019 lalu, manajemen The Blues mendatangkannya kembali ke Stamford Bridge sebagai salah satu staf dibawah komando Frank Lampard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *