July 5, 2020
Breaking News

Profil Valencia CF, Klub Spanyol dengan Fans Terbanyak ke-3

Profil Valencia CF, Klub Spanyol dengan Fans Terbanyak ke-3

Profil Valencia – Kompetisi La Liga sepertinya memang didominasi oleh dua kekuatan terbesar Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Namun, La Liga nyatanya tak selalu tentang dua klub asal Catalan dan Madrid tersebut. Ada klub-klub lain yang juga menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah Valencia.

Sebagai kota terbesar ke-3 di Spanyol, Valencia memiliki salah satu klub yang menjadi kebanggaan mereka di ajang La Liga. Klub ini adalah Valencia CF. Bukan hanya kotanya saja, klub ini juga menjadi klub dengan penggemar paling banyak ke-3 di Spanyol. Guna mengetahui lebih lanjut tentang Valencia CF, berikut adalah profilnya.

Profil Valencia CF & Sejarah Berdirinya Klub

bandar dominoqq – Valencia CF didirikan pada tanggal 5 Maret 1919 dan kemudian diresmikan pada tanggal 18 Maret 1919. Di awal pembentukannya, Valencia memilih presiden dengan cara yang unik. Untuk menentukan presiden, mereka melakukan undian koin. Kemudian, Octavio Augusto Milego Díaz terpilih sebagai presiden pertamanya.

Perang sipil yang terjadi di Spanyol ikut berdampak pada perkembangan Valencia. Klub inipun absen dalam beberapa turnamen hingga tahun 1941. Valencia memenangkan gelar La Liga perdana pada musim 1941/1942. Pada era 1960-an, klub ini meraih kejayaan di kompetisi Eropa yang ditandai dengan gelar Inter-Cities Fairs sebagai gelar Eropa pertama.

Di awal musim 1999/2000 Valencia kembali bangkit dan menjelma menjadi salah satu raksasa Spanyol. Valencia berhasil memenangi Spanish Super Cup di musim ini. Untuk pertama kalinya, Valencia tampil di final Liga Champions di musim 1999/2000 ini. Namun, di partai final, mereka kalah dari Real Madrid dengan skor telak 3-0.

Logo Klub

Saat pertama kali berdiri, Valencia CF mengenakan logo yang tak jauh berbeda dengan logo kota Valencia. Logo yang menyerupai logo kota Valencia ini ditempatkan dalam sebuah bola. Mulai tahun 1921, Valencia memperkenalkan konsep logo seperti yang mereka pakai sekarang.

Dalam logo baru ini, kelelawar masih menjadi maskot utama yang ditempatkan di atas logo. Di bawah kelelawar, terdapat perisai bergambar bola dengan latar belakang bendera Senyera, atau lambang negeri Aragon, Spanyol. Selama beberapa tahun berikutnya, perubahan yang terlihat adalah identitas klub, terkadang ditulis Valencia CF ataupun Valencia C. de F.

Stadion Kandang

Awalnya, Valencia menempati sebuah stadion yang terletak di daerah Algirós di awal berdirinya klub. Namun, mulai tahun 1923, klub ini berpindah kandang ke stadion yang masih mereka pakai hingga sekarang, Estadio Mestalla. Pada 1950-an, perombakan besar-besaran dilakukan stadion ini guna menambah kapasitas penonton menjadi 45 ribu penonton.

Pada musim 2008/2009, pihak klub merencanakan pembangunan stadion baru berkapasitas 75 ribu penonton dengan nama Nou Mestalla. Klub diperkirakan akan pindah dari Estadio Mestalla menuju Nou Mestalla di musim 2009/2010. Namun, dikarenakan adanya krisis keuangan yang menimpa klub kala itu, maka proyek stadion baru ini pun dihentikan.

Gelar dan Pencapaian

bandarqq – Mungkin, dalam beberapa dekade ke belakang, kompetisi La Liga Spanyol didominasi oleh Barcelona dan Real Madrid. Namun, kedua klub ini tak selalu menjadi juara kompetisi ini. Valencia menjadi salah satu klub yang mampu patahkan dominasi keduanya. Sejauh ini, mereka punya koleksi enam trofi La Liga, delapan piala Copa del Rey dan satu gelar Supercopa de España.

Klub ini juga mampu tunjukkan tajinya di kompetisi antarklub benua Eropa. Mereka mungkin belum pernah menjuarai Liga Champions. Tapi mereka sudah pernah tampil di partai final kompetisi ini, masing-masing pada musim 1999/2000 dan 2000/2001. Selain itu, Valencia juga pernah menggondol trofi kompetisi UEFA seperti Intertoto Cup dan UEFA Super Cup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *