Mei 2, 2024

Tuai Kontroversi, IFAB Pertimbangkan Ubah Aturan VAR

Tuai Kontroversi – Belakangan ini, dunia sepakbola tengah kedatangan sebuah teknologi baru yang dinamai Video Assistant Referee alias ‘VAR’. Kehadiran VAR disebut akan semakin mempermudah tugas wasit dan membuat pertandingan berjalan lebih adil. Namun, pada kenyataannya, VAR disebut malah membuat kontroversi baru dalam dunia sepakbola.

IFAB Ingin Lebih Transparan Terkait VAR

Dominoqq – Dilansir dari Sky Sports, badan kepengurusan aturan sepakbola dunia, IFAB sedang mempertimbangkan adanya aturan baru terkait penggunaan VAR. Dalam hal ini, federasi sepakbola dunia tersebut ingin membuat keputusan VAR lebih terbuka. Mereka saat ini disebut sedang mempertimbangkan untuk memperdengarkan percakapan antara wasit dengan asisten VAR kepada para pendukung selama pertandingan berlangsung.

Perubahan baru yang sedang dipikirkan IFAB ini menyangkut adanya kontroversi terkait penggunaan VAR dalam suatu pertandingan. Sebelum memikirkan keputusan ini, IFAB ingin meninjau terlebih dahulu penggunaan VAR. Aturan mengenai VAR sedang diamati setidaknya selama 12 bulan usai teknologi ini diperkenalkan di seluruh dunia.

Menurut sumber yang sama, IFAB akan membuat perubahan resmi pada rapat umum tahunan mereka yang akan digelar tahun depan. “Kami akan meninjau seberapa penting kami harus mempublikasikan diskusi antara wasit dengan asisten VAR.” Kata mantan wasit Premier League sekaligus direktur teknis IFAB, David Elleray, dilansir dari Sky Sport.

“Para pendukung ingin memahami apa yang terjadi dan ingin memahami bagaimana keputusan akhir dapat dibuat. Hal ini dapat dilakukan dengan memperdengarkan diskusi wasit dan asisten VAR kepada mereka, ataupun hal yang lain. Sebenarnya, kami ingin memberi informasi lebih lanjut mengenai bagaimana proses reviewnya berjalan.”

Sementara itu, ketua asosiasi sepakbola tertinggi Inggris (FA), Greg Clarke menyatakan bahwa ia akan mendukung keputusan IFAB ini. Ia menyatakan bahwa transparansi kepada para penggemar memang sangat penting. Hal ini dapat membantu wasit dalam situasi yang tidak jelas dan sedang dalam kondisi tertekan.

Kemunduran Aturan Offside

Berita Skor Bola – Mengenai VAR, Elleray menyebut bahwa teknologi ini telah membawa kemunduran dalam beberapa aturan, terutama aturan offside. Ia mengatakan, “Jika kau bertanya kepada hakim garis, mereka telah mendapat instruksi mengenai offside. Tapi jika mereka ragu untuk membuat keputusan, maka bendera tak akan terangkat dan hal ini dapat dimanfaatkan oleh para penyerang.”

“Penggunaan teknologi yang lebih hebat, melalui VAR dimaksudkan agar teknologi tersebut dapat menghilangkan keraguan mengenai offside. Tapi pada kenyataannya, kami telah mengalami sedikit kemunduran dalam hal ini. Maksud dari peraturan offside adalah membuat penyerang tidak dapat memanfaatkan keuntungan yang tidak adil.”

Kontroversi dan Pelajaran yang Dapat Diambil dari VAR di Premier League

Kumpulan bandarqq – David Elleray juga mengatakan bahwa VAR akan lebih berkembang seiring berjalannya waktu. Namun, khusus untuk Premier League, ia cukup menyayangkan keputusan wasit yang dinilai terlalu jarang meninjau monitor yang berada di pinggir lapangan. Ellray juga mengatakan bahwa ia akan terkejut jika wasit di EPL akan tetap jarang meninjau monitor di musim depan.

“Banyak hal menguntungkan yang bisa didapat dari adanya monitor yang berada di pinggir lapangan. Tapi, wasit tetap menjadi aktor utama dalam pengambilan keputusan. Karenanya, keberadaan wasit di lapangan tetap dipertahankan. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab atas semua keputusan karena merekalah yang mengerti apa yang terjadi di atas lapangan.”

“Saya pikir kita semua telah menyadari sejak semua kompetisi mulai menerapkan VAR bahwa teknologi ini tidak berjalan baik, pada awalnya. Mungkin beberapa orang berpikir bahwa kehadiran VAR bukanlah sebuah kesuksesan. Tapi sudah banyak pelajaran yang didapat dan pelajaran itu akan diberlakukan mulai tahun depan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *