April 25, 2024

Profil Lionel Messi, Sosok Kapten Sekaligus Legenda Barcelona dan Argentina

Profil Lionel Messi – Bintang Argentina, Lionel Messi kini disebut sebagai pemain terbaik dunia yang kerap disandingkan dengan pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. Messi memiliki karir yang cemerlang bersama Barcelona. Namun, sebelum berada di klub asal Catalan ini, Messi telah lebih dulu mengawali karir di negeri kelahirannya, Argentina.

Selama beberapa tahun karirnya di dunia sepakbola, sejumlah penghargaan telah ia raih, baik di level tim, maupun individual. Messi juga telah sarangkan banyak gol, baik bersama Barca, maupun Argentina. Guna mengetahui lebih lanjut tentang pemain berjuluk La Pulga ini, berikut adalah profil lengkapnya.

Masa Kecil

Kumpulan bandarqq – Lionel Messi dilahirkan pada tanggal 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina dengan nama lengkap, Lionel Andrés Messi. Ayahnya, Jorge Messi merupakan manajer pabrik baja berdarah Spanyol dan Italia. Sementara ibunya, Celia Cuccittini adalah seorang pegawai pabrik magnet yang memiliki darah Spanyol, tepatnya Catalan.

Sejak kecil, Messi sudah terbiasa dengan sepakbola karena keluarganya merupakan pecinta olahraga ini. Sejatinya, Messi menyukai sepakbola karena dukungan dari neneknya, Celia yang selalu menemani Messi berlatih maupun berlaga. Sosok Celia yang selalu mendukungnya membuat Messi merasa begitu terpukul ketika neneknya tersebut meninggal.

Anda pasti mengenal selebrasi khas Messi, yakni menunjuk dan menatap langit. Selebrasi ini tercipta dari rasa kehilangan sang pemain atas kepergian sang nenek. Sejak neneknya meninggal, Messi selalu melakukan selebrasi ini. Ini ia lakukan untuk mendedikasikan golnya kepada neneknya tersebut.

Messi mulai menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia sekitar tahun 2001. Ia menjadi bagian dari tim muda terbaik Barca musim 2002/2003 yang dijuluki ‘Baby Dream Team’. Setelah musim 2002/2003 berakhir, ia mendapat tawaran untuk bermain di Inggris. Namun, Messi menolak dan memutuskan untuk tetap berkarir di Barcelona.

Perkembangan Karir Bersama Barcelona

Situs BandarQQ – Tak pernah meredup, itulah gambaran karir Lionel Messi di Barcelona. Sejak masih belia, hingga kini semakin menua, penampilan Messi seakan tak pernah menurun. Selama lebih dari 15 tahun berkarir di Catalan, Messi punya satu musim yang paling cemerlang. Musim yang menjadi musim terbaiknya di Barcelona adalah musim 2012-2013.

Rekor demi rekor ia torehkan di tahun 2012 tersebut. Satu yang paling sensasional adalah torehan golnya di tahun tersebut. Messi berhasil catatkan 96 gol hanya dalam 69 pertandingannya bersama raksasa Catalan. Menggenapi torehan terbaiknya, Messi berhasil menjadi pemain pertama yang meraih Ballon d’Or sebanyak empat kali di tahun tersebut.

Bukan hanya rekor individu, Messi juga berhasil membawa segudang prestasi untuk Barcelona. Berbagai gelar telah dipersembahkan pemain kelahiran Rosario untuk Barca, termasuk empat gelar Liga Champions. Ia juga berhasil membawa Barca merajai La Liga selama empat musim berturut-turut sejak musim 2014/2015.

Timnas Argentina

Kegemilangan Messi bersama klubnya, Barcelona ternyata tak mampu ia bawa ke level internasional bersama Argentina. Messi tercatat telah memperkuat Tim Tango sejak 17 Agustus 2005 dengan catatan 138 penampilan dan 70 gol. Sayang, selama kurun waktu 15 tahun karir internasional, ia tak dapat persembahkan satupun gelar untuk negaranya.

Sejatinya, Messi dulunya merupakan salah satu pemain yang paling bersinar di timnas Argentina U-20 dan U-23. Ia pernah menjuarai turnamen FIFA World Cup U-20 tahun 2005 bersama Argentina. Mewakili timnas Argentina U-23 pada gelaran Olimpiade tahun 2008 di Beijing, Messi juga berhasil persembahkan emas untuk negaranya.

Trofi dan Penghargaan

Berita Skor Bola – Mayoritas, trofi dan penghargaan yang diterima oleh pemain berjuluk La Pulga ini ia dapatkan karena performa impresifnya bersama Barcelona. Messi punya 10 gelar La Liga, tiga Piala Dunia Antarklub dan empat trofi Liga Champions. Ia juga pernah meraih sejumlah penghargaan lain termasuk Ballon d’Or dan European Golden Shoe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *