September 22, 2021

Profil Manchester United, Klub dengan Gelar Juara Premier League Terbanyak

Profil Manchester United – Inggris merupakan tempat keberadaan sejumlah klub-klub raksasa dunia, termasuk Manchester United. Selama bertahun-tahun berkompetisi di Inggris, klub ini menjadi klub terbaik dengan raihan gelar domestik terbanyak. Untuk mengetahui lebih detail tentang Manchester United, berikut adalah profil singkatnya.

Sejarah Berdirinya Klub

kumpulan bandarqq – Kisah panjang menghias perjalanan klub Manchester United di awal pendiriannya hingga menjadi salah satu klub raksasa seperti sekarang. Pada mulanya, klub ini didirikan oleh perusahaan kereta api, Lanchasire and Yorkshire Railway. Klub ini didirikan dengan nama Newton Heath LYR Football Club.

Newton Heath LYR FC kemudian mengikuti kompetisi Liga Inggris untuk pertama kalinya pada musim 1892/1893. Sejak saat itu, tim ini memisahkan diri dari perusahaan kereta api dan menghapus kata LYR dalam namanya. Setelah mengalami sejumlah pergantian nama, pada 24 April 1902, klub ini akhirnya resmi berganti nama menjadi Manchester United.

Enam tahun usai berganti nama, yakni pada 1908, United memenangkan gelar Liga Inggris perdananya. Di era 1930-an, United mengalami performa naik turun dan sempat beberapa kali terdegradasi. Namun, seiring berjalannya waktu, klub ini telah meraih sejumlah kesuksesan dan menjadi Manchester United seperti yang kita kenal sekarang.

Logo Klub

Jauh sebelum memakai logo yang kita kenal sekarang, Manchester United memiliki logo yang terlihat jauh berbeda. Di awal kemunculannya, United memakai logo yang menampilkan seekor antelop dan sebuah singa yang berdiri berdampingan. Kedua hewan ini memegang sebuah perisai yang bergambar tiga garis kuning serta kapal layar.

Mulai era 1960-an, konsep logo seperti yang kita kenal sekarang mulai diperkenalkan. Bedanya, tidak ada logo Setan Merah seperti sekarang, dan hanya ada gambar kapal layar serta tiga garis di dalam logonya. Di akhir era 1960-an, logo Setan Merah mulai diperkenalkan yang menjadi simbol klub hingga era sekarang.

Stadion Kandang

Situs BandarQ – Sejak masih menjadi klub milik perusahaan kereta api, Manchester United tercatat telah menempati empat stadion kandang yang berbeda. Tiga stadion yang pernah ditempati mereka antara lain, North Road, Bank Street dan Old Trafford. North Road merupakan sebuah stadion yang memiliki kapasitas 12 ribu penonton dan terletak di kawasan Newton Heath, Manchester.

Setelah diusir dari North Road pada tahun 1893, klub ini berpindah markas ke sebuah lapangan lain yang bernama Bank Street atau Bank Lane. Pada awalnya, stadion ini Bank Lane ini belum mempunyai tribun penonton. Namun, mulai musim 1893/1894, panitia mulai membangun beberapa tribun.

Usai menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya pada 1908, muncul rencana untuk membangun sebuah stadion baru yang dinamai Old Trafford. Stadion ini mulai dibuka pada tanggal 19 Februari 1910, dan pernah terdampak Perang Dunia ke-2. Saat ini, Old Trafford memiliki kapasitas sekitar 75 ribu penonton dan menjadi stadion sepakbola terbesar ke-2 di Inggris.

Gelar dan Pencapaian

Berita Skor Bola – Selama lebih dari 118 tahun didirikan, Manchester United tercatat telah mengoleksi deretan gelar bergengsi yang menjadikan mereka sebagai salah satu klub tersukses di Inggris. Di kompetisi Liga Inggris, mereka bahkan menjadi tim dengan koleksi gelar juara terbanyak. Sejauh ini, mereka tercatat telah memenangkan total 20 gelar juara EPL yang terakhir mereka dapat pada musim 2012/2013.

Selain memegang rekor sebagai pemegang gelar juara Premier League terbanyak, United juga merupakan pemegang gelar Community Shield terbanyak. Sejak 1908, mereka tercatat telah kumpulkan total 21 gelar, yang terakhir didapat pada tahun 2016 silam. Mereka juga menjadi tim pengoleksi gelar juara Piala FA terbanyak setelah Arsenal dengan 12 gelar juara.

Di level kompetisi Eropa, Manchester United menjadi tim tersukses ke-2 setelah Liverpool. The Red Devils saat ini telah mengumpulkan total tiga gelar Liga Champions serta masing-masing satu gelar UEFA Europa League dan UEFA Super Cup. Lebih jauh, United juga telah memenangkan gelar Intercontinental Cup 1999 dan Piala Dunia Antarklub 2008.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *