October 28, 2020

Profil Nicolas Pépé, Wonderkid Kelahiran Prancis Andalan Arsenal dan Pantai Gading

Profil Nicolas Pépé, Wonderkid Kelahiran Prancis Andalan Arsenal dan Pantai Gading

Wonderkid Kelahiran Prancis Andalan Arsenal dan Pantai Gading

BeritaSkorBola, – Liga Primer Inggris musim 2019/2020 kerap menghadirkan pemain-pemain muda berbakat dalam setiap pertandingannya. Salah satu pemain muda yang cukup bersinar di kompetisi ini adalah Wonderkid Kelahiran Prancis, Nicolas Pépé. Pépé adalah pemain andalan Arsenal yang dapat dimainkan sebagai seorang penyerang, ataupun seorang winger.

Selain menjadi pemain andalan tim berjuluk Meriam London, Pépé juga kerap memperkuat timnas negaranya, Pantai Gading. Sepanjang karirnya, pemain 24 tahun ini telah bermain di dua negara berbeda, yakni Prancis dan Inggris. Lantas, bagaimana perkembangan karirnya? Untuk mengetahuinya, mari kita simak profil Nicolas Pépé berikut.

Masa Kecil dan Awal Karir

Nicolas Pépé dilahirkan di Mantes-la-Jolie, Prancis, pada tanggal 29 Mei 1995. Meski dilahirkan di Prancis, ia sejatinya tak memiliki darah Prancis. Pasalnya, kedua orangtua Pépé adalah imigran asal Pantai Gading yang pindah ke Prancis. Keduanya pindah ke Prancis pada periode tahun 1990-an.

Meski kini dikenal sebagai seorang winger ataupun striker, Pépé justru memulai karir sepakbola sebagai seorang penjaga gawang. Ia mulai bermain sepakbola bersama klub lokal, Solitaire Paris Est. Saat ayahnya dipindahtugaskan ke Potiers, ia pun ikut bergabung dengan Politiers FC dan bermain di divisi ke-2 kompetisi amatir Prancis pada musim 2012/2013.

WonderKid Kelahiran Prancis Berkembang di Prancis

Setelah bermain di divisi amatir, Pépé mulai mendapat peran di luar sebagai penjaga gawang. Ia kemudian memulai karir profesional pertamanya bersama Angers. Debutnya untuk tim ini terjadi pada 26 Agustus 2014 dalam laga Coupe de la Ligue. Sempat dipinjamkan ke Orléans, Pépé kembali ke Angers pada 2017 dan mengantar tim ini ke partai final Coupe de France.

Pada 21 Juni 2017, Pépé menandatangani kontrak berdurasi lima tahun bersama klub Prancis lainnya, Lille. Di bawah asuhan Marcelo Bielsa, Pépé mendapat posisi baru, yakni sebagai seorang penyerang. Saat Christophe Galtier datang sebagai pengganti Bielsa, Pépé lebih sering dimainkan sebagai winger ketimbang sebagai penyerang.

Sejak musim 2017/2018, ia mulai mendapat kepercayaan untuk tampil reguler bersama Lille. Pada musim 2018/2019, ia mengumpulkan 22 gol dan 11 assist sepanjang semusim dan membuatnya masuk dalam UNFP Team of the Year. Setelah sempat dikabarkan akan dijual ke Napoli, Pépé akhirnya lebih memilih bergabung dengan klub Inggris, Arsenal.

GemarQQ Bandar Bola Terbaik & Terpercaya

Arsenal

Pihak Arsenal akhirnya meresmikan transfer Pépé pada tanggal 1 Agustus 2019 dengan nilai transfer sebesar 79 juta euro. Nilai ini memecahkan rekor transfer klub sebelumnya yang dipegang Pierre-Emerick Aubameyang dengan biaya 62 juta euro. Ia memilih nomor 19 sebagai nomor punggungnya bersama Arsenal.

Debut Pépé untuk Arsenal terjadi pada tanggal 11 Agustus 2019 dalam pertandingan melawan Newcastle United. Tak berselang lama usai melakoni debut, pelatih Unai Emery kerap menurunkannya sebagai starter. Hal yang sama juga dilakukan suksesor Emery saat ini, Mikel Arteta.

Sejauh ini, Pépé sudah catatkan total 32 pertandingan sepanjang musim ini. 24 penampilan, ia torehkan di Liga Inggris, sementara delapan lainnya di kompetisi Liga Eropa dan Piala FA. Dari total 32 pertandingan yang sudah ia mainkan, Pépé tercatat telah mengemas empat gol dan enam assist.

Karir Internasional

Berbicara soal karir internasional, Pépé punya dua pilihan. Ia dapat memperkuat Prancis, negara kelahirannya, ataupun Pantai Gading, negara asal kedua orangtuanya. Pada November 2016, Pantai Gading memanggilnya lebih dahulu. Ia kemudian bergabung dengan timnas Pantai Gading dan melakoni debut pada tanggal 12 November 2016, melawan Maroko.

Pelatih Pantai Gading, Michel Dussuyer membawanya dalam skuad Pantai Gading di African Cup of Nations tahun 2017 di Gabon. Sejauh ini, Pépé berarti sudah tampil sebanyak 18 kali untuk timnas Pantai Gading. Dari 18 penampilan tersebut, ia berhasil torehkan catatan total 5 gol.

Gelar dan Penghargaan

Dalam hal gelar juara, Pépé tercatat belum pernah memenangkan kompetisi manapun. Baik bersama Arsenal, maupun bersama timnas Pantai Gading. Namun, ia punya beberapa gelar individual. Beberapa di antaranya adalah penghargaan Lille Player of the Season 2018/2019 dan UNFP Ligue 1 Team of the Year 2018/2019.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *