September 20, 2020

Samuel Eto’o, Sosok Penting di Balik Kegemilangan Lionel Messi

Samuel Eto’o, Sosok Penting di Balik Kegemilangan Lionel Messi

Sosok Penting Lionel Messi di Balik Kegemilangannya

Berita Skor bola – Jika menyebut nama Lionel Messi, maka yang terlintas di pikiran, tentu adalah sosok salah satu penyerang Barcelona yang juga disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Di balik sosoknya, ternyata ada orang penting yang membuat Messi bisa menjadi seperti sekarang. Dan menurut Samuel Eto’o, Messi sendiri telah mengatakan bahwa ia adalah salah satunya.

Nasihat Eto’o Ubah Karir Sosok Penting Lionel Messi

Banyak orang tak ragu jika diminta untuk menyebut bahwa Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Penyerang kelahiran Argentina, kini telah mengoleksi total enam gelar Ballon d’Or. Ia juga mampu mengukir sejumlah prestasi bersama klubnya saat ini, Barcelona.

Di balik sosok Messi, tentu ada sejumlah orang yang menjadi inspirasinya. Sosok-sosok inilah yang mendukung Messi hingga menjadi pemain terbaik seperti sekarang. Salah satu sosok berpengaruh dalam karir Messi adalah Samuel Eto’o. Menurut Eto’o, Messi sendiri mengatakan bahwa dirinya lah yang membuat Messi bisa menjadi seperti sekarang.

“Messi mengungkapkan itu kepada saya, ia mengucapkan terima kasih atas saran yang pernah saya berikan.” Katanya. “Saya tak ingin mengungkapkan saran itu di sini. Yang jelas, karirnya sudah berubah. Dia bilang, ‘Terima kasih Samuel, karir saya sudah berubah.’ Terkadang, ia harus memperbaiki beberapa hal, tapi sebenarnya, ia tetap punya talenta.”

Prediksi yang Menjadi Kenyataan

Saat masih berada di La Masia, bakat seorang Lionel Messi memang sudah terlihat. Eto’o juga mampu melihat hal itu. Karenanya, ia dan rekan-rekan setimnya yakin bahwa Messi adalah pemain yang spesial. Menurutnya, para pemain Barcelona kala itu sudah menyadari bahwa Messi akan mencapai kegemilangan karirnya seperti sekarang.

“Dia saat itu baru pindah dari La Masia menuju tim utama.” Kata Eto’o menggambarkan situasi Messi saat ia pertama kali pindah ke Barca. “Dan dia tampil begitu baik. Kami saat itu sudah memprediksi bahwa suatu hari, Messi akan menjadi seperti sekarang. Saya sangat senang, karena pada akhirnya, hal itu menjadi kenyataan, itu berkat kerja kerasnya sendiri.”

Tak Ada Perubahan dalam Diri Messi

Agent Bandar Sepakbola – Di awal kedatangannya, Eto’o mengungkapkan bahwa Messi adalah sosok yang berbeda dengan sosoknya sekarang. Messi dulu sudah menunjukkan talenta dan kepiawaiannya mengolah si kulit bundar. Namun, berbeda dengan sekarang, ia dulu adalah sosok yang pemalu.

Meski Messi dulu terlihat berbeda, Eto’o merasa bahwa pemain berjuluk La Pulga tersebut sama sekali tak berubah. Ia mengatakan, “Tidak, dia sama sekali tak berubah. Dia masih menjadi orang baik yang saya kenal dulu, dan masih saya kenal sekarang. Saya tak melihat perubahan apapun dalam dirinya.

“Saya ikut senang dan bangga dapat melihat semua cerita yang telah ia catatkan, dan sampai sekarang, ceritanya itu belum berakhir. Akan sangat sulit, bahkan mungkin mustahil untuk melewati kegemilangan karirnya sekarang. Yang terpenting bagi saya adalah sifatnya. Semua orang menghormatinya dan menyanjungnya sebagai seorang pemain.”

Kebersamaan Messi dan Eto’o

Eto’o sebelumnya pernah memperkuat Barcelona dan pernah bermain bersama Messi saat bintang Argentina tersebut masih belia. Saat Eto’o pertama kali tiba pada tahun 2004, Messi muda baru melakoni laga debutnya bersama tim Catalan. Keduanya bersama-sama membela Barca hingga Eto’o pergi ke Inter Milan pada 2009 silam.

Duet Messi dan Eto’o mampu membuat Barcelona merengkuh sejumlah trofi bergengsi. Beberapa di antaranya adalah dua trofi Liga Champions yang sukses mereka dapatkan. Pada tahun 2006, Messi dan Eto’o sama-sama mencetak gol di final kompetisi ini. Dua gol tersebut kemudian menjadikan Barca sebagai juara kala itu, usai menekuk Arsenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *