April 26, 2024

UEFA Tetapkan Penundaan Kompetisi Eropa Hingga Waktu Yang Tidak Ditentukan

Kompetisi Eropa – Pandemi virus Corona atau Covid-19 semakin memperburuk kondisi sepak bola di wilayah Eropa saat ini. Wabah mematikan tersebut mulai merambat hingga hampir ke seluruh negara di dunia. Tak terkecuali negara-negara Eropa yang menjadi wilayah terdampak paling buruk.

Seluruh kompetisi sepak bola profesional di benua biru terpaksa diliburkan untuk sementara waktu. Sejak awal Maret kemarin, seluruh liga sepak bola di Eropa ditunda hingga beberapa bulan ke depan. Termasuk juga Liga Champions dan Liga Europa yang seharusnya sudah memasuki fase akhir bulan ini.

Namun, karena situasi yang semakin memburuk akibat pandemi Covid-19, UEFA terpaksa menunda kompetisi-kompetisi tersebut tanpa batas waktu yang jelas. Mereka akan kembali menggulirkan kompetisi-kompetisi tersebut jika kondisi negara-negara di Eropa sudah mulai membaik.

Tanpa Batas Waktu

Kumpulan bandarqq – Rabu malam (1/4) kemarin, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengadakan rapat jarak jauh dengan seluruh anggotanya. Dalam rapat terbatas tersebut, 55 perwakilan negara yang terdaftar dalam keanggotaan UEFA hadir untuk membicarakan kelanjutan kompetisi-kompetisi di wilayah mereka. Terutama beberapa kompetisi yang dinaungi langsung oleh UEFA.

Rapat tersebut lebih banyak membahas tentang kejelasan jadwal penundaan Liga Champions dan Liga Europa. Dalam rapat ini, diputuskan bahwa kedua kompetisi tersebut akan ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Sebelumnya, Liga Champions dan Liga Europa telah ditunda selama 2 pekan sejak pertengahan Maret kemarin. sebanyak 2 pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions masih belum dimainkan. Sementara Liga Europa menyisakan 10 pertandingan babak 16 besar yang belum terlaksana hingga saat ini.

Kompetisi Internasional

Situs BandarQQ – Tak hanya itu, dalam rapat tersebut UEFA juga mengumumkan pembatalan seluruh pertandingan internasional yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juni. Termasuk babak play-off Euro 2020 yang rencananya akan digelar Juni 2020.

Selain itu, UEFA juga mengumumkan kelanjutan dari kompetisi internasional kelompok umur. Untuk Euro U-17 dan Euro Putri U-17 yang rencananya akan dilaksanakan bulan Mei tahun ini harus ditunda. Begitu pula dengan Euro U-19 dan Euro Putri U-19 yang dijadwalkan bergulir pada Juli 2020 juga ditunda hingga situasi memungkinkan.

Sebelumnya, Euro 2020 juga resmi ditunda hingga bulan Juni tahun depan. Pesta akbar sepak bola antar negara Eropa tersebut harus diundur meskipun UEFA mengalami kerugian yang cukup besar. Padahal, banyak pecinta sepak bola yang menunggu ajang empat tahunan tersebut. Pasalnya, Euro 2020 akan menggunakan format baru yang menjanjikan atmosfer pertandingan yang lebih menarik.

Semakin Memburuk

Berita Skor Bola – Pandemi Corona di Eropa semakin memburuk. Sejumlah negara mengalami kerugian akibat pandemi ini. Seluruh kompetisi sepak bola di benua tersebut terpaksa ditunda hingga beberapa  bulan lamanya.

Beberapa federasi sepak bola negara-negara Eropa tampak bingung dengan kelanjutan kompetisi sepak bola di negara mereka. Italia dan Inggris contohnya. Kompetisi di bawah naungan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) harus ditunda hingga 3 Mei 2020. Sementara Liga Premiere Inggris yang semula ditunda hingga akhir Maret harus diperpanjang sampai 30 April 2020.

Kedua negara tersebut bersikeras untuk melanjutkan kompetisi mereka sesaat setelah masa penundaan berakhir. Hal tersebut ditegaskan oleh masing-masing ketua federasi karena tidak ingin klub-klub di negara mereka lumpuh akibat pandemi ini.

Namun, kondisi tersebut tentu bergantung pada perkembangan wabah Covid-19. Hingga kini, 7 dari 10 negara dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di dunia masuk ke dalam wilayah Eropa. Italia menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi hingga menembus angka 100.000 dimana 11.591 diantaranya meninggal dunia. Semua pihak berharap pandemi ini dapat segera berakhir sehingga dunia bisa pulih kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *